Comscore Tracker

Citra Institusi Jadi Sorotan, Wakapolda Sumsel Minta Polisi Berbenah

Seluruh polisi diminta kembalikan kepercayaan masyarakat

Palembang, IDN Times - Beberapa kasus di internal polri dan kejadian negatif yang melibatkan personel, berimbas kepada citra polisi di Indonesia. Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Selatan (Wakapolda Sumsel), Brigjen Pol Rudi Setiawan, meminta semua anggotanya berbenah dan menjadi polisi yang baik.

"Jadilah polisi baik, petarung, melindungi, hingga mengayomi masyarakat," ungkap Rudi, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Berkabung Tragedi Kanjuruhan, Suporter Sriwijaya FC Pakai Baju Hitam

1. Wakapolda Sumsel ajak personel kembalikan citra polisi

Citra Institusi Jadi Sorotan, Wakapolda Sumsel Minta Polisi BerbenahWakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan (Dok: Humas Polda Sumsel)

Rudi menyebut, kritik dari masyarakat harus ditangkap untuk membangun institusi Polri. Dirinya meminta setiap personel berupaya membangun kembali kepercayaan masyarakat.

"Dengan itulah kita inginkan kembalikan kepercayaan masyarakat ke kita, pihak berwajib," ujar dia.

Baca Juga: Gudang BBM Ilegal Diduga Milik Polisi Terbakar Hebat di Palembang

2. Polisi harus tingkatkan profesionalitas

Citra Institusi Jadi Sorotan, Wakapolda Sumsel Minta Polisi BerbenahAparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk ke lapangan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10/2022). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Rudi membeberkan ada tiga poin yang harus dilakukan para personel agar menjadi profesional, yakni meningkatkan kepercayaan masyarakat hingga sinkronisasi operasi dengan fungsi pembinaan.

"Tiga hal ini lah kita anggap sangat penting dalam melaksanakan tugas kita, sehingga untuk itu harus meningkatkan kinerja agar poin itu dapat tercapai dengan baik," jelas dia.

3. Masih ada polisi yang melakukan pelanggaran

Citra Institusi Jadi Sorotan, Wakapolda Sumsel Minta Polisi BerbenahIlustrasi (IDN Times/Rinda Faradilla)

Sementara itu pada pekan keempat Oktober 2022, pihaknya mencatat ada lima personel yang masih melakukan pelanggaran. Lima orang personel Polrestabes Palembang dan satu dari Polres OKU.

"Sedangkan untuk pelanggaran disiplin kita mendapatkan ada 17 personel melakukan pelanggaran, dan dilakukan oleh beberapa Polres di daerah," tutup dia.

Baca Juga: Bocorkan Pungli, Alasan Mahasiswa UIN Palembang Disiksa Senior

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya