BKSDA Sumsel Baru Evakuasi 7 Buaya, Masih Ada 14 Ekor Berkeliaran

BKSDA merilis 21 ekor buaya muara lepas dari penangkaran

Banyuasin, IDN Times - Hingga hari keempat setelah lepasnya 21 ekor buaya dari penangkaran PD Budiman, sebuah tim dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel baru menangkap tujuh ekor. 

"Sampai hari ini sudah ada tujuh anak buaya muara atau Crocodylus Porosus yang sudah kita evakuasi. Selebihnya masih dalam pencarian," ungkap Kepala SKW I BKSDA Sumsel, Yusmono kepada IDN Times, Kamis (14/4/2022).

1. Debit sungai yang tinggi jadi kendala pencarian

BKSDA Sumsel Baru Evakuasi 7 Buaya, Masih Ada 14 Ekor BerkeliaranPenangkaran Buaya di Banyuasin Sumatra Selatan (Dok: BKSDA Sumsel)

Yusmono mengatakan sejauh ini ada sekitar 14 buaya lagi yang masih berkeliaran di kawasan Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin. Banjir menjadi salah satu penyebab utama anak buaya muara tersebut kabur.

"Kendala pencarian buaya sampai hari ini tetap pada banjir yang masih tinggi dan belum surut," jelas dia.

Baca Juga: Pawang Dilibatkan Mencari Puluhan Buaya yang Lepas di Banyuasin

2. Jarak penangkaran ke pemukiman warga sekitar 800 meter

BKSDA Sumsel Baru Evakuasi 7 Buaya, Masih Ada 14 Ekor BerkeliaranLokasi banjir di Banyuasin tempat Buaya lepas (Dok:BKSDA Sumsel)

Curah hujan yang masih tinggi di wilayah Banyuasin membuat air terus menggenang. BKSDA Sumsel memprediksi wilayah jelajah reptil tersebut belum terlalu jauh atau masih di seputaran penangkaran.

"Kemungkinan masih di seputaran Desa Tanjung Sari. Jarak penangkaran dari desa atau pemukiman terdekat sekitar 800 meter," jelas dia.

3. Buaya yang lepas berukuran 1-2 meter

BKSDA Sumsel Baru Evakuasi 7 Buaya, Masih Ada 14 Ekor BerkeliaranSalah satu buaya yang berhasil diamankan warga di Kelurahan Sukomoro Banyuasin (Dok: Ist)

Kepala BKSDA Sumsel, Ujang Wisnu Barata, sebelumnya menjelaskan jika buaya yang lepas berukuran sekitar 1-2 meter. Pihaknya meminta masyarakat berhati-hati dan menghindari aktivitas di sekitar sungai.

"Bagi masyarakat yang memiliki keahlian menangkap buaya bisa bergabung dengan tim dan membantu pencarian," jelas dia.

Baca Juga: Bupati Banyuasin Minta Warga Sukomoro Mewaspadai Buaya Lepas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya