Ampera Ditutup, Ini Tiga Jembatan Alternatif buat Eksplor Palembang

Malam tahun baru, Ampera ditutup selama empat jam

Palembang, IDN Times - Pengamanan perayaan malam tahun baru 2023 akan diperketat di Palembang. Polrestabes Palembang berencana menutup kawasan ikonik Palembang, Ampera hingga ke kawasan Pasar Cinde dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Palembang.

Bagi warga Palembang maupun pendatang yang sedang berlibur ke Palembang tak perlu khawatir dengan penutupan Ampera. Ampera bukan satu-satunya jembatan yang membelah kota Palembang. Ada beberapa alternatif untuk menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir kota Palembang.

"Pasar Cinde akan dilakukan penutupan secara perlahan kemudian Jembatan Ampera juga ditutup pada malam tahun baru," ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, Minggu (25/12/2022).

Berikut tiga jembatan alternatif yang dapat digunakan saat malam pergantian tahun di kota Palembang.

1. Musi II jembatan tertua setelah Ampera

Ampera Ditutup, Ini Tiga Jembatan Alternatif buat Eksplor PalembangSungai Musi (instagram.com/pariwisata.palembang)

Sebagai kota perairan yang dipisahkan sungai Musi, Palembang memiliki banyak alternatif jalan dan jembatan untuk menghubungkan dua sisi kota. Jembatan pertama yang dapat menjadi alternatif adalah jembatan Musi II Palembang.

Jembatan tersebut merupakan jembatan kedua tertua di Palembang setelah Ampera. Jembatan yang dibangun tahun 1994 silam tersebut menghubungkan dua kecamatan yakni Gandus dan Kertapati dengan panjang 520 meter.

Jembatan Musi II menjadi jembatan yang dibangun di akses Jalan Lintas Sumatra dan kerap digunakan sebagai jalur penghubung dari Jambi maupun Lampung atau sebaliknya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru di Palembang, Ampera Ditutup untuk Umum 4,5 Jam

2. Jembatan Musi IV penghubung kawasan Kuto dan Lawang Kidul

Ampera Ditutup, Ini Tiga Jembatan Alternatif buat Eksplor PalembangIlustrasi Jembatan Musi di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selanjutnya ada Jembatan Musi IV yang berada di kawasan Kuto Batu diseberang Ilir dan kawasan Lawang Kidul dibagian Ulu. Jembatan yang dibangun tahun 2016 silam dipersiapkan untuk menyambut Asian Games 2018 lalu dengan tujuan besarnya mengurai kemacetan di Palembang.

Jembatan dengan panjang 1.130 meter dan lebar 12 meter itu dapat menjadi alternatif lain selain Ampera dengan memangkas perjalanan ke seberang Ulu lewat kawasan Plaju Palembang.

3. Jembatan Musi VI ikon baru Palembang sebagai kota perairan

Ampera Ditutup, Ini Tiga Jembatan Alternatif buat Eksplor Palembang(Ilustrasi Jembatan Musi 6 Malam Hari) ininfosumsel.id

Jembatan selanjutnya adalah Musi VI yang berada di kawasan Tangga Buntung di bagian Ilir dan kawasan 5 Ulu Palembang di sisi Ulu. Jembatan Musi VI tersebut diketahui memiliki panjang 925 meter.

Jembatan Musi VI ini juga disiapkan untuk mengurai kemacetan dan mengurangi beban Ampera serta persiapan Asian Games 2018 lalu. Sayang jembatan tersebut baru diresmikan setelah dua tahun Asian Games berlalu akibat permasalahan pembebasan lahan yang panjang.

Baca Juga: Mengulik Sejarah Jembatan Ampera Palembang yang Bakal Dipasang Lift 

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya