2 Kurir Narkoba Ditangkap di Atas Speed Boat Tujuan Pulau Bangka

Kedua tersangka merupakan jaringan narkoba internasional

Palembang, IDN Times - Dua orang kurir narkotika yang membawa tiga kilogram sabu ditangkap di perairan Sungai Musi, Kertapati, Palembang. Tim Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumsel menangkap keduanya saat membawa sabu menuju Pulau Bangka Belitung (Babel).

Kedua tersangka yakni Rawaladi selaku kurir bersama serang speed boat, Zailarfiani, tidak berkutik saat polisi menggeledah dan menemukan sabu tersebut.

"Dua orang ini ditangkap saat hendak membawa sabu ke Bangka di dermaga Kertapati.  Palembang. Speed boat isinya hanya dua orang tersangka ini," ungkap Wadir Narkoba Polda Sumsel, AKBP Harissandi, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Pelaku Penyerangan Polisi Empat Lawang Ternyata Anak Buah Bandar

1. Sabu bakal diedarkan di Babel

2 Kurir Narkoba Ditangkap di Atas Speed Boat Tujuan Pulau BangkaPress rilis Ditresnarkoba Sumsel terkait peredaran sabu jaringan Internasional di Palembang (Dok: istimewa)

Menurut Harissandi, kedua pelaku diduga merupakan jaringan peredaran narkotika Internasional. Sabu tersebut merupakan produksi dari Tiongkok yang dibawa ke Malaysia hingga masuk ke Aceh melalui pelabuhan gelap.

Dari Aceh, sabu yang dibawa melalui jalur darat hingga sampai ke Palembang. Dari Palembang, rencananya sabu itu dibawa lagi untuk dijual ke Babel.

"Ini merupakan pelaku jaringan narkoba internasional, karena barang ini berhasil dikirim dari Cina lalu ke Malaysia untuk dibawa ke Palembang kemudian ke Bangka," tutur dia.

Baca Juga: Terdakwa Penyelundupan 115 Kilo Sabu ke Palembang Dituntut Mati

2. Tersangka bolak balik antar narkotika

2 Kurir Narkoba Ditangkap di Atas Speed Boat Tujuan Pulau BangkaPress rilis Ditresnarkoba Sumsel terkait peredaran sabu jaringan Internasional di Palembang (Dok: istimewa)

Tersangka Rawaladi mengakui seluruh perbuatannya di depan aparat kepolisian. Menurutnya, sudah tiga kali menjadi kurir untuk mengantarkan sabu. Tak hanya Bangka, dirinya juga mengirim sabu tersebut ke Pulau Jawa.

"Untuk satu kali perjalanan saya diupah Rp5 juta termasuk ke Pulau Jawa," jelas dia.

3. Serang kapal tergiur sewakan speed boat

2 Kurir Narkoba Ditangkap di Atas Speed Boat Tujuan Pulau BangkaIlustrasi harga obat. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sedangkan tersangka Zailarfani mengaku hanya diminta membawa speed boat. Dirinya didatangi oleh tersangka Rawaldi untuk menyewa speed boat dengan harga Rp4,5 juta.

"Di dalam speed boat hanya kami berdua saja. Saya antarkan karena speed boat sudah disewa," tutup dia.

Baca Juga: BNNP Sumsel Tangkap 2 Kurir Sabu 20 Kilogram di Banyuasin

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya