1 Pabrik di Palembang Terbakar, Ribuan Kilogram Kerupuk Hangus

Api berasal dari rumah kontrakan di sebelahnya

Palembang, IDN Times - Ratusan kilogram kerupuk kering siap olah yang disimpan di sebuah pabrik di Jalan Kebun Jeruk, Gang Damai RT 17 RW 04 Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Kemuning, Palembang, ludes terbakar. Kerupuk-kerupuk siap olah itu menjadi sasaran empuk si jago merah.

Kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Api diduga berasal dari sebuah rumah kontrakan warga bernama Erma, hingga menyebabkan jago merah merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

"Kita sudah mendatangi TKP kebakaran. Dugaan awal kita, kebakaran berasal dari rumah milik warga bernama Erma yang dihuni oleh tiga kepala keluarga. Sejauh ini kita belum bisa memastikan api berasal dari mana," ungkap Kapolsek Kemuning, AKP Heri, Rabu (17/3/2021).

1. Hanya beberapa karung kerupuk yang terselamatkan

1 Pabrik di Palembang Terbakar, Ribuan Kilogram Kerupuk HangusPabrik kerupuk di Palembang terbakar (IDN Times/Rangga Erfizal)

Heri menambahkan, api yang menjalar menyebabkan pabrik kerupuk yang berada tepat di belakang kontrakan ikut terbakar. Saat kejadian. para pegawai pabrik kerupuk tengah beristirahat sehingga sigap keluar saat api pertama kali terlihat.

Dari kejadian itu, kerupuk-kerupuk siap jual ikut ludes terbakar. Hanya beberapa karung kerupuk yang dapat diselamatkan, selebihnya hangus dimakan api.

"Tempat usaha dan rumah asal api memang berdampingan. Kondisi rumah dan tempat usaha yang berdekatan memudahkan api menyambar," jelas dia.

Baca Juga: Pria Ini Bakar Musala karena Kesal Tak Dipinjami Bohlam

2. Lima damkar diturunkan

1 Pabrik di Palembang Terbakar, Ribuan Kilogram Kerupuk HangusPabrik kerupuk di Palembang terbakar (IDN Times/Rangga Erfizal)

Heri menjelaskan, ada sekitar dua hingga tiga rumah yang ikut terbakar. Hanya saja dampaknya tidak separah tempat usaha dan rumah kontrakan. Selain itu, beberapa motor tidak sempat diselamatkan karena api sudah kalut membesar.

"Korban luka tidak ada hanya luka tergores, dari kejadian ini juga jumlah pemadam yang diturunkan ada lima mobil damkar," jelas dia.

3. Kondisi gang sempit persulitkan pemadaman

1 Pabrik di Palembang Terbakar, Ribuan Kilogram Kerupuk HangusPabrik kerupuk di Palembang terbakar (IDN Times/Rangga Erfizal)

Camat Kemuning Palembang, M Irman mengatakan, kondisi lokasi kebakaran sulit dijangkau sehingga selang-selang dari pemadam kebakaran terhalang masuk. Alhasil pipa air harus disalurkan dari luar gang.

"Selain rumah Erma, kita mencatat rumah yang rusak akibat kebakaran milik Usman, Joni, dan pemilik pabrik kerupuk bernama Pendi," tutup dia.

Baca Juga: Jelang Bulan Puasa, Harga Daging di Palembang Naik 10 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya