THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 Lebaran

Pemkot Palembang siapkan anggaran hingga Rp64 Miliar

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk non-ASN pada H-7 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"THR sudah kita anggarkan dan akan dicairkan. Namun khusus gaji 13 dan tukin tahapannya berbeda, bertahap," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (19/4/2022).

1. Pencairan tukin dan gaji 13 akan dilakukan bertahap

THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 Lebaranilustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pencairan tukin bagi ASN akan diberikan setelah lebaran. Sedangkan surat edaran untuk gaji 13 sudah diberitahukan kepada semua ASN, jika pencairan dilakukan sekitar Juni-Juli 2022.

"Khusus THR sudah ada paling lambat H-7 lebaran untuk ASN dan non-ASN. Masalah gaji 13 dan tukin dilakukan bertahap, tapi setelah lebaran. Kalau bisa kita usahakan sebelum lebaran. Karena sistem bayaran berbeda," jelasnya.

Baca Juga: Cerita Heroik Warga Banyuasin Tangkap Buaya Lepas Hingga Terluka 

2. Sebanyak 19 ribu ASN dan non-ASN Palembang bakal terima THR

THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 LebaranBadan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palembang, Zulkarnain (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palembang, Zulkarnain mengatakan, THR yang akan dicairkan senilai Rp64 miliar. Rincian, dana Rp52 miliar diperuntukkan bagi ASN dan Rp12 miliar lagi untuk honorer maupun non-ASN.

"Pencairan THR ini untuk 15 ribu ASN, dan sebanyak 4 ribu orang non-ASN," kata dia.

3. Pencairan THR menunggu Perwali nomor 16 tahun 2022 selesai

THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 LebaranKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan regulasi Peraturan Pemeritah (PP) yang diturunkan melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 16 tahun 2022 tentang pencairan THR di lingkungan Pemkot Palembang, pemberian THR paling cepat pada H-10 lebaran.

"Selambat-lambatnya H-7, tapi pencairan ini tunggu Perwali dan sekarang dalam proses penyusunan," timpalnya.

4. Tukin ASN Palembang hanya cair 50 persen dengan total Rp17 miliar

THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 LebaranWarga menerima uang baru yang ditukarkan pada mobil kas keliling (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ia menjelaskan, THR dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui APBN. Sedangkan tukin untuk ASN diberikan lewat alokasi daerah atau APBD.

"Bertahap, ada perbedaan. Tukin keseluruhan dibebankan APBD, kemudian nanti dibayar 50 persen. Insya Allah kita usahakan sebelum lebaran, tukin atau TPP sekitar Rp17 miliar," tandas dia.

Baca Juga: Pertamina Prediksi Konsumsi Bio Solar Turun Saat Arus Mudik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya