Comscore Tracker

Tambah 107 Titik TPS, Pemkot Palembang Klaim Sukses Atasi Sampah

Padahal produksi sampah harian mencapai 1.200 ton

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengklaim sukses menangani dan mengatasi permasalahan sampah, dengan produksi harian mencapai 1.200 ton dari sampah rumah tangga dan sampah pasar.

"Volume sampah dari lingkungan masyarakat menjadi perhatian serius kami. Dari hasil sampah per hari capai ribuan, 800 ton yang terangkut dikelola masyarakat untuk dijadikan nilai ekonomis," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, Rabu (3/2/2021).

1. Pembuatan TPS jadi jurus jitu penanganan sampah

Tambah 107 Titik TPS, Pemkot Palembang Klaim Sukses Atasi SampahWawako Palembang Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Finda menyebut, volume sampah yang terangkut mencapai 800 ton per hari menjadi mengancam 25 ha lahan yang tersedia di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pemkot pun berkonsentrasi untuk penanggulangan sampah.

"Perlu jurus jitu untuk mengurangi volume sampah setiap harinya yang diangkut ke TPA, salah satunya dilakukan pembuatan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) di tiap kelurahan. Takni TPS 3R (reuse, reduce, recycle) tiap kelurahan," kata dia.

Baca Juga: Produksi Sampah di Palembang Mencapai 1.200 Ton Sehari

2. Pola TPS 3R disebut mampu menyelamatkan lingkungan

Tambah 107 Titik TPS, Pemkot Palembang Klaim Sukses Atasi SampahIlustrasi Sampah (Dok. KPNas)

Ia menerangkan, Palembang telah memiliki 21 TPS 3R dan akan ditambah sebanyak 107 di beberapa titik kawasan setiap kelurahan, yang tersebar ke seluruh wilayah di 18 kecamatan.

"Penerapan pola ini bisa menyelamatkan lingkungan juga akan membuka peluang ekonomi masyarakat yang terlibat langsung. Saya merasa senang, karena saat ini TPA Sukawinatan sudah mulai tertata dengan baik," terangnya.

3. Pemkot target pindah lokasi TPA

Tambah 107 Titik TPS, Pemkot Palembang Klaim Sukses Atasi SampahKepala Dinas DLHK Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang, Alex Fernandus menambahkan, pihaknya masih berupaya maksimal mengatasi lonjakan volumse sampah di TPA Sukawinatan.

“Selain memiliki TPA Sukawinatan seluas 25 Hektar untuk menampung sampah, kita juga memprediksi bahwa kurang lebih 3 hingga 4 tahun lagi akan pindah ke TPA lain seluas 45 Hektar di Karyajaya. Sebab baru 10 hektar yang telah terpakai," tambahnya.

4. Janjikan TPA Sukawinatan jadi lokasi wisata olahraga

Tambah 107 Titik TPS, Pemkot Palembang Klaim Sukses Atasi SampahANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Alex juga berjanji, TPS Sukawinatan akan dijadikan lokasi wisata yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, baik sebagai sarana olahraga ataupun Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Kalau di sana nanti (TPA Karyajaya) sudah efektif, minimal TPA Sukawinatan bisa kita jadikan tempat wisata. Kita lapisi dengan tanah sehingga bisa dijadikan tempat olahraga," tandas dia.

Baca Juga: Mengunjungi TK Junjung Birru Palembang, Bayar SPP Pakai Sampah!

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya