Comscore Tracker

Stok Vaksin Aman, Dinkes Palembang: Kami Tunggu Jika Belum

Upayakan realisasi vaksin segera tuntas 100 persen

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang masih berupaya mengejar target vaksinasi COVID-19. Kini, Dinkes Palembang menjamin ketersediaan atau stok vaksin di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) tetap aman.

"Makanya kami harapkan tolong yang belum vaksin kami tunggu segera. Karena sekarang sudah mudah mendapatkan vaksinasi," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dari Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, Rabu (20/10/2021).

1. Ajak masyarakat kendalikan pandemik

Stok Vaksin Aman, Dinkes Palembang: Kami Tunggu Jika BelumIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Selain menjamin stok vaksin di puskesmas dan rumah sakit, Dinkes pun rutin menyelenggarakan vaksinasi massal bekerja sama sejumlah instansi atau organisasi, termasuk bersama TNI/Polri untuk mencapai kekebalan komunal pada awal 2022.

"Mari kita kendalikan pandemik ini agar kasus penularan virus tidak kembali melonjak," kata dia.

Baca Juga: Sumsel Kembali Terapkan PPKM Level 3, Prokes Warga Mengendur

2. Ingatkan masyarakat tak kendur prokes

Stok Vaksin Aman, Dinkes Palembang: Kami Tunggu Jika BelumJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan indikator angka kasus COVID-19 per minggu, Palembang masih berada di zona aman dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Rata-rata, kasus terkonfirmasi harian di Palembang kurang dari 20 orang.

"Dalam kondisi turun level PPKM menuju zona hijau, diingatkan agar tidak melonggarkan protokol kesehatan (prokes) ketika menjalankan berbagai aktivitas rutin," tambahnya.

3. Penerapan prokes berperan mencegah penambahan kasus

Stok Vaksin Aman, Dinkes Palembang: Kami Tunggu Jika BelumIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Yudhi juga mengimbau agar tidak berpuas diri dengan kondisi PPKM saat ini. Masyarakat diminta tidak abai terhadap protokol kesehatan, mengingat penularan COVID-19 masih terus terjadi.

"Penerapan prokes secara ketat berperan besar dalam mencegah penambahan angka kasus positif, apalagi di tempat publik," tandas dia.

Baca Juga: PPKM Level 2 Palembang Berlanjut, Anak-anak Tetap Dilarang ke Bioskop

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya