Sekda Palembang Izinkan ASN Bawa Mobil Dinas Saat Mudik, Tapi...

Ia juga minta pejabat tak membuat open house besar-besaran

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tak menggunakan mobil dinas yang dibeli dari uang rakyat untuk mudik saat lebaran.

Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang justru mengizinkan ASN membawa kendaraan pelat merah saat mudik lebaran, asal memenuhi persyaratan berlaku.

"Harus dengan persetujuan, izin secara berjenjang kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dan izin langsung dari kepala daerah," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (19/4/2022).

1. Penggunaan mobil dinas secara darurat bisa dibicarakan

Sekda Palembang Izinkan ASN Bawa Mobil Dinas Saat Mudik, Tapi...Kantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski diizinkan membawa mobil dinas saat mudik lebaran dengan memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan, namun secara umum mengemudikan kendaraan plat merah di luar kegiatan pekerjaan tidak dianjurkan.

"Sesuai dengan edaran dari KPK dan Kementerian Dalam Negeri, setiap tahun itu dilarang (pakai mobil dinas). Namun untuk keadaan darurat bisa dibicarakan," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Herman Deru Minta ASN Tak Bawa Mobil Dinas untuk Mudik

2. Imbau tidak menggelar open house besar-besaran saat lebaran

Sekda Palembang Izinkan ASN Bawa Mobil Dinas Saat Mudik, Tapi...Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain mengizinkan penggunaan mobil dinas, Dewa juga tak melarang pejabat di Pemkot Palembang mengadakan open house. 

"Kunci tetap aman saat mudik adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa prokes. Jika memang ingin silaturahmi, jangan open house besar-besaran," jelasnya.

Baca Juga: THR ASN dan Honorer Pemkot Palembang Segera Cair H-7 Lebaran

3. Pemkot Palembang siapkan posko pengamanan dan vaksinasi saat arus mudik lebaran

Sekda Palembang Izinkan ASN Bawa Mobil Dinas Saat Mudik, Tapi...Pelantikan ASN Pemkot Palembang (IDN Times/Humas Pemkot Palembang)

Selain itu demi kesehatan bersama, Pemkot Palembang menyiapkan posko pengamanan arus mudik dan membuka posko kesehatan vaksinasi COVID-19 di sejumlah titik supaya momen mudik lebaran tanpa halangan.

"Posko pengamanan mulai kita atur bekerja sama Polri-TNI serta Dinas Perhubungan dan OPD terkait," tandas dia.

Baca Juga: 50 Persen Tiket Pesawat untuk Arus Mudik Lebaran Sudah Dipesan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya