Comscore Tracker

PUPR Kucurkan Rp6 Miliar, Termasuk Bantuan KPR di 2 Kecamatan 

Untuk pembangunan di empat kawasan

Palembang, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengucurkan dana sebesar Rp6 miliar untuk Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP).

Dana itu akan digunakan untuk pembangunan di empat kawasan, termasuk rumah subsidi di kecamatan Gandus dan Sematang Borang. Selain itu, pembangunan penataan Sungai Sekanak Lebak Cindo dan rumah penduduk korban kebakaran di Karanganyar.

"Kita mengajukan pembangunan rumah 1.129 unit tahun lalu, sekarang tinggal menunggu kesiapan penataan kawasan oleh Pemkot Palembang," ujar Kepala Dinas PRKP Palembang, Affan Prapanca Mahali, Selasa (14/7/2020).

1. Pembangunan rumah subsidi menunggu lahan Pemkot Palembang

PUPR Kucurkan Rp6 Miliar, Termasuk Bantuan KPR di 2 Kecamatan Arus lalu lintas di Jembatan Ampera, Senin (11/5/2020). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Meski telah menerima bantuan dana untuk pembangunan, namun PRKP masih harus menunggu verifikasi untuk pembenahan. Lantaran sebagian lokasi dari empat kawasan tersebut belum mendapatkan izin resmi untuk uji identifikasi kelayakan lahan.

"Dua lokasi di Sematang Borang dan Gandus menunggu kesiapan lahan dari Pemkot," katanya.

Baca Juga: Bantuan Subsidi Bunga KUR BRI Ringankan Beban Pedagang Asal Cililitan 

2. Pembenahan di wilayah Karanganyar Palembang ditarget selesai akhir 2020

PUPR Kucurkan Rp6 Miliar, Termasuk Bantuan KPR di 2 Kecamatan Suasana kota Palembang dinpelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Affan menerangkan, pembangunan yang pasti terlaksana dan ditarget selesai tahun ini adalah pembenahan di wilayah Karanganyar Palembang. Selain itu, percepatan perbaikan di kawasan Sekanak Lebak Cindo, dengan pertimbangan penataan jalan dan saluran air. 

"Rumah bekas kebakaran di Karanganyar total 64 unit di antaranya 59 rumah dan lima bedeng. Sudah diajukan tahun kemarin, dan dalam waktu dekat direalisasikan," terang dia.

3. Lokasi di Gandus dan Sematang Borang dalam tahap verifikasi

PUPR Kucurkan Rp6 Miliar, Termasuk Bantuan KPR di 2 Kecamatan RTH Palembang di kawasan Benteng Kuto Besak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan kawasan Gandus dan Sematang Borang sebagai lokasi rumah subsidi, menurut Affan masih dalam tahap verifikasi. Jika di kawasan Gandus terdapat 40 unit rumah, namun di Sematang Borang mencapai 400 unit.

Verifikasi yang dilakukan PRKP termasuk pengecekan jaringan listrik, lokasi pasar, Tempat Pemakaman Umum (TPU) hingga akses jalan. "Setelah rumah terbangun, mereka bisa langsung menghuni," tambah Affan.

4. Anggaran pembangunan seluruh Indonesia mencapai Rp1,4 triliun

PUPR Kucurkan Rp6 Miliar, Termasuk Bantuan KPR di 2 Kecamatan Jembatan Ampera Palembang di hari pertama lebaran, Minggu (24/5/2020). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Affan melanjutkan, pengajuan dana bantuan sudah melewati rapat koordinasi bersama Kementrian PUPR. Hal ini sebagai langkah persiapan anggaran yang bakal diterima Pemkot Palembang.

"Informasi anggaran se-Indonesia disipakan Rp1,4 triliun. Porsi untuk Kota Palembang tergantung kesiapan lahan. Tapi dari penghitungan empat lokasi pembangunan, kami mengajukan 200 unit dengan setiap unit berkisar Rp35 juta, maka anggaran sekitar Rp6 miliar," tandas dia.

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya