Nakes Vaksinasi di Palembang Didominasi Usia 30 Tahun ke Atas

Serapan vaksinasi untuk nakes di Palembang baru 27,2 persen

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang masih mengejar target vaksinasi COVID-19 tahap pertama bagi 13.567 tenaga kesehatan (nakes), hingga Februari mendatang. Hingga saat ini, jumlah penerima vaksinasi adalah nakes berusia 30 tahun ke atas.

"Data terakhir 26 Januari 2021 dari awal kita vaksinasi sudah ada 3.695 tenaga medis yang vaksinasi untuk dosis pertama dengan rincian 2.570 perempuan dan 1.125 laki-laki," ujar Plt Kabid Kesmas Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Rabu (27/1/2021).

1. Cakupan terakhir 26 Januari 2021 capai 27,2 persen persen

Nakes Vaksinasi di Palembang Didominasi Usia 30 Tahun ke AtasPetugas kesehatan memberikan pengarahan kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Ia mengatakan, sasaran vaksinasi COVID-19 kebanyakan untuk nakes usia 30 tahun ke atas, lantaran dari jumlah keseluruhan yang berhak menerima vaksin berada dalam rentang umur tersebut.

Usia para nakes yang terdaftar penerima khususnya 27,2 persen yang sudah melakukan vaksinasi tersebut, masuk dalam kategori imunitas alami aktif dan pasif yang cukup rendah.

"Rata-rata mayoritas usia 31-45 tahun," kata dia.

Baca Juga: Tangkal COVID-19, Begini Cara Kerja Imun Tubuh Manusia Bentuk Antibodi

2. Tujuan vaksinasi COVID-19 menjaga produktivitas sosial ekonomi

Nakes Vaksinasi di Palembang Didominasi Usia 30 Tahun ke AtasIlustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Santy menerangkan, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Palembang, Dinkes berupaya menuntaskan strategi komprehensif untuk mengendalikan penularan COVID-19 meliputi upaya preventif, edukasi publik, diagnosis, dan pengobatan.

"Vaksin ini selain memberikan dampak untuk menekan kematian dan penyebaran COVID-19, serta perlindungan imunitas diri. Tujuan lain menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," terang dia.

3. Sebanyak 512 vaksinator sudah mendapat pelatihan sejak 8 Januari

Nakes Vaksinasi di Palembang Didominasi Usia 30 Tahun ke AtasIlustrasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gandus Palembang.jpg

Sejak pelaksanaan perdana vaksinasi COVID-19 pada 15 Januari 2021, Dinkes Palembang sudah melatih 512 vaksinator. Dinkes Palembang pun rutin memantau dengan screening setiap penyelenggaraan vaksin di fasilitas layanan kesehatan.

"Mereka sudah melakukan user pelatihan sejak 8 Januari. Vaksinator melakukan pelatihan sistem informasi monitoring dan logistik secara elektronik," tambahnya.

4. Jatah vaksin COVID-19 tersebar di 72 fasilitas kesehatan

Nakes Vaksinasi di Palembang Didominasi Usia 30 Tahun ke AtasIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Santy melanjutkan, dari total yang diterima Dinkes Palembang sebayak 29.360 vial vaksin sinovac, pihaknya telah mengawasi distribusi dan penyaluran vaksin yang tersebar di 72 fasilitas kesehatan masyarakat.

"Jatah untuk 41 puskesmas, 25 rumah sakit, 4 klinik dan satunya di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masih berjalan (distribusi), dengan total penyediaan 51 cold chain untuk puskesmas dan gudang farmasi," tandas dia.

Baca Juga: 24 Ribu Vial Vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Sumsel Belum Disebar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya