Comscore Tracker

Kemendag RI Kucurkan Rp3 M untuk Revitalisasi 2 Pasar di Palembang  

Pasar KM 5 dan Sekip Ujung Palembang dinilai tak layak pakai

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengungkapkan, tahun ini Kota Palembang menerima dana dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sebesar Rp3 miliar untuk anggaran perbaikan dua pasar Palembang.

"Itu untuk menyosialisasikan Palembang bersih, termasuk di lokasi pasar tradisional. Pusat memberikan dana rutin untuk perbaikan pasar di setiap sudut Kota. Tetapi anggaran tersebut diberikan sesuai kepentingan, dan seberapa kerusakan pasar yang harus diperbaiki. Tahun ini untuk Pasar KM 5 dan Sekip Ujung" ujar dia, Senin (7/10).

1. Revitalisasi pasar di Palembang ditarget selesai Desember

Kemendag RI Kucurkan Rp3 M untuk  Revitalisasi 2 Pasar di Palembang  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Hardayani melanjutkan, pemberian dana untuk dua pasar di Palembang sudah diberikan sejak pertengahan tahun ini, dan diharapkan pengerjaan revitalisasi selesai sesuai target.

"Kami targetkan Desember 2019 sudah harus selesai, karena tahun depan sudah berbeda pembagian jatah anggaran dana yang lain," kata dia.

2. Pasar KM 5 dan Sekip Ujung dinilai sudah tidak layak pakai

Kemendag RI Kucurkan Rp3 M untuk  Revitalisasi 2 Pasar di Palembang  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Selain untuk mengutamakan kepentingan pasar, Hardayani menjelaskan, pemilihan perbaikan pasar juga dilihat dari bangunan pasar, apakah masih atau tidak layak pakai. Pasar yang mendesak untuk dilakukan perbaikan itu Pasar di KM 5 dan Sekip Ujung.

"Kedua pasar itu terkesan sudah tidak layak dan bangunan sudah tidak representatif. Anggaran pasar tahun ini sedikit meningkat, biasanya kurang dari Rp1 miliar satu pasar, tahun kemarin 4 pasar diberikan Rp 3,4 miliar, tapi ini Rp3 miliar untuk dua pasar. Bantuan dari kementerian ini dilihat dari kondisi pasar yang sudah sangat tidak kondusif," jelas dia.

Perbaikan tersebut meliputi bangunan, saluran air, kemudian pemisahan kios-kios. Begitu juga dengan dana tambahan dalam bantuan kebersihan pasar, serta keamanan lingkungan pasar yang dikelola oleh pengurus pasar.

3. Tahun 2020 Pasar Sekanak dan Lemabang bakal diajukan ke Kementrian PUPR

Kemendag RI Kucurkan Rp3 M untuk  Revitalisasi 2 Pasar di Palembang  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Hardayani mengungkapkan, setelah Pasar KM 5 dan Sekip Ujung selesai revitalisasi, tahun depan akan ada dua pasar lagi yang akan segera di revitalisasi kembali. Tahun depan pihaknya akan mengajukan kembali ke Kementerian PUPR yakni Pasar Sekanak dan Pasar Lemabang.

"Dua pasar ini membutuhkan dana yang lumayan besar. Pasar Sekanak nantinya akan dijadikan pasar wisata, yang menyediakan berbagai jenis souvenir. Dengan dilakukannya revitalisasi pasar ini, maka pasar tradisional di Palembang akan sesuai dengan standar dari kementerian," ungkap dia.

Baca Juga: Pembangunan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Mundur, Ini Alasannya

4. Revitalisasi Pasar Sekip Ujung sudah lebih dari 40 persen

Kemendag RI Kucurkan Rp3 M untuk  Revitalisasi 2 Pasar di Palembang  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Ketua Pengelola Pasar Sekip Ujung Palembang, Asnawi Ratu mengatakan, walau saat ini kondisi pasar masih dalam perbaikan, namun masih ada pedagang yang berjualan.

"Sayur dan sembako masih, tapi kalau untuk keseluruhan peralatan dapur atau yang berjualan plastik ada beberapa yang ditutup," kata dia.

Perbaikan Pasar Sekip Ujung, sambung Asnawi, sudah berjalan lebih dari 40 persen. Pembangunan tersebut lebih kepada saluran air dan atap gedung yang lebih tinggi.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya