CJH Embarkasi Sumsel Berangkat 27 Mei dari Bandara SMB II Palembang

Total ada 8.192 CJH asal Sumsel berangkat menuju Tanah Suci

Palembang, IDN Times - Calon Jemaah Haji (CJH) asal Sumatra Selatan (Sumsel) mulai berangkat ke Tanah Suci pada 27 Mei 2023. Mereka yang berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mencapai 8.192 orang.

"Kami sebagai fasilitator siap memberangkatkan semua CJH hingga 22 Juni 2023," ujar Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, R Iwan Winaya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga: Puluhan Jemaah Laporkan Agen Perjalanan Umrah karena Batal Berangkat

1. Sebanyak 23 kloter CJH embarkasi Sumsel berangkat dari Bandara SMB II Palembang

CJH Embarkasi Sumsel Berangkat 27 Mei dari Bandara SMB II PalembangIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Keseluruhan CJH embarkasi Sumsel yang berangkat dari Bandara SMB II Palembang terbagi dalam 23 kelompok terbang (kloter). Penerbangan haji didukung berbagai fasilitas seperti runway berdimensi 3.000x45 meter untuk operasional pesawat wide body.

"Selain itu, ada juga fasilitas lain yang telah disiapkan bagi CJH di SMB II Palembang, seperti X-Ray untuk pengecekan," katanya.

Baca Juga: 370 CJH Asal Sumsel Batal ke Tanah Suci, Ini Alasannya

2. Bandara SMB II Palembang menyediakan fasilitas keberangkatan bagi CJH asal Sumsel

CJH Embarkasi Sumsel Berangkat 27 Mei dari Bandara SMB II PalembangBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Kemudian fasilitas lain yang disediakan Bandara SMB II Palembang untuk semua CJH embarkasi Sumsel meliputi ruang tunggu internasional, musala, toilet, Garbarata, pengawalan kendaraan follow me, dan patroli keamanan.

“Mohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar Bandara SMB II Palembang bisa menjadi embarkasi bagi para CJH tahun ini," jelas Iwan.

3. Ada 6 bandara menyiapkan keberangkatan CJH asal Indonesia

CJH Embarkasi Sumsel Berangkat 27 Mei dari Bandara SMB II PalembangIlustrasi jemaah haji (dok. Angkasa Pura I)

Angkasa Pura II menyiapkan enam bandara sebagai embarkasi haji untuk memberangkatkan 91.358 CJH ke Tanah Suci di Mekah, di antaranya, Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara SMB II (Palembang), dan Bandara Minangkabau (Padang).

Lalu Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Kertajati (Majalengka), dan Bandara Kualanamu (Medan) yang dikelola anak usaha AP II yakni PT Angkasa Pura Aviasi.

Baca Juga: Kemenag Sumsel Minta CJH Tak Khawatirkan Kenaikan Ongkos Haji

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya