BBPOM Palembang Amankan Bahan Pokok Jelang Ramadan

Pastikan tak ada produk kedaluwarsa dan bebas pengawet

Palembang, IDN Times - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang gencar inspeksi mendadak (sidak) bahan pokok ke sejumlah supermarket dan pasar tradisional. Sidak dilakukan untuk memastikan keamanan dan kualitas makanan yang baik, khususnya jelang bulan puasa Ramadan.

"Program menelusuri bahan makanan dan konsentrasi menyajikan produk bebas pengawet dan dijual tidak kedaluwarsa merupakan rangkaian rutin. Namun mendekati puasa, BPPOM makin aktif sidak demi kenyamanan masyarakat," ujar Kepala BBPOM Palembang, Yosep Dwi Irawan kepada IDN Times, Minggu (21/3/2021).

1. Lakukan sidak 2-3 kali dalam seminggu

BBPOM Palembang Amankan Bahan Pokok Jelang RamadanIlustrasi keramaian di Mal (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ia mengatakan, sidak bahan pokok makanan di beberapa lokasi bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam sepekan. Hal tersebut dilakukan agar penjualan produk yang tidak baik, lebih cepat ditemukan dan tidak berdampak negatif bagi masyarakat.

"Terakhir kita sidak Kamis (18/3/2021) kemarin di Hypermart PSx. Karena memang pantauan ini tidak hanya fokus di pasar tradisional, tetapi di mal juga menjadi konsentrasi BBPOM. Apalagi kebanyakan yang kedaluwarsa justru di mal," kata dia.

Baca Juga: Jelang Bulan Puasa, Harga Daging di Palembang Naik 10 Persen

2. Berikan sanksi tegas bagi pedagang nakal

BBPOM Palembang Amankan Bahan Pokok Jelang RamadanBalai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) sidak makanan berbahaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jika di beberapa tempat ditemukan produk yang tidak sesuai standar seperti mengandung pewarna tekstil, sudah lewat tanggal produksi atau kedaluwarsa, atau mengandung pengawet, maka BBPOM tak segan memberi sanksi tegas sesuai aturan berlaku.

"Tentu ada hukuman kalau kita temukan di lapangan, kita proses. Pedagang yang menjual kita beberapa waktu lalu saja sudah kita lengkapi berkas untuk diajukan ke pengadilan, agar pelaku dipenjara sesuai hukum yang berlaku," ungkapnya.

3. Sebut makanan berbahaya jadi momok masyarakat

BBPOM Palembang Amankan Bahan Pokok Jelang RamadanIlustrasi supermarket (IDN Times/Anata)

Yosep khawatir menjamur makanan tidak sehat di pasaran jelang bulan Ramadan. Sebab kata dia, masyarakat membutuhkan bahan pokok yang lebih saat puasa. Bahkan tak jarang warga di Palembang stok makanan di rumah.

"Rawannya bahan berbahaya menjadi momok masyarakat. Kami akan memastikan hal ini tidak terjadi, kami menjamin kesehatan masyarakat selama menjalani ibadah puasa. Masyarakat harus konsumsi makanan aman, aman dari formalin dan bahan bahan zat kimia lainnya," tandas dia.

Baca Juga: Begini Cara Astronaut Muslim Salat dan Puasa di Luar Angkasa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya