7 Ribu CJH di Sumsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19

Kemenag Sumsel tunggu arahan teknis dari Kemenag

Palembang, IDN Times - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Sumatra Selatan (Sumsel) segera menyasar calon jemaah haji (CJH). Vaksinasi untuk jemaah itu menyesuaikan kebijakan pemerintah Arab Saudi.

"Semua yang kita data adalah jemaah yang sudah melakukan pelunasan haji tahun 2020, di Sumsel ada 7 ribuan. Data terakhir per awal bulan ini ada 7.035 kuota untuk Sumsel," ujar Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel, Saefuddin, Senin (22/3/2021).

1. Vaksinasi COVID-19 bagi CJH merupakan syarat utama berangkat haji 2021

7 Ribu CJH di Sumsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan memberikan pengarahan kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Dari jumlah tersebut, ribuan CJH nantinya bakal terima vaksinasi di masing-masing daerah didampingi Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Kanwil Kemenag Sumsel masih mendata angka pasti untuk mengajukan daftar nama.

"Kami masih mendata, tapi untuk kapan waktu vaksinasi belum tahu. Masih tunggu petunjuk pusat. Vaksinasi kita prioritaskan tentu karena jadi syarat bisa ikut ibadah haji 2021," kata dia.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Bikin Biaya Haji 2021 Membengkak

2. Vaksinasi COVID-19 masih menunggu kepastian

7 Ribu CJH di Sumsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Mengenai persiapan vaksinasi COVID-19, Kanwil Kemenag Sumsel masih menunggu instruksi dan arahan Kemenag RI. Termasuk kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

"Penyelenggaraannya masih tunggu kepastian, tetapi kita sudah ada ancang-ancang persiapan," ungkapnya.

3. Dinkes Palembang masih melanjutkan vaksinasi COVID-19 dari data yang telah ada

7 Ribu CJH di Sumsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty menambahkan, vaksinasi COVID-19 bagi CJH pasti dilakukan. Namun hingga saat ini pihaknya juga menunggu pendataan menyeluruh.

"Akan dan segera, perlahan-lahan kita urus semua. Sementara tuntaskan dulu yang sudah terdata sebelumnya. Untuk hari ini, kita vaksinasi massal dosis 1 pemuka agama 350 orang, di YAP Ballroom Palembang, dan vaksinasi massal dosis ke-2 di Disdik sebanyak 320 orang," tambah dia.

Baca Juga: Waduh, Target Herd Immunity Vaksin COVID-19 di Sumsel Belum Tercapai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya