Comscore Tracker

400 Jiwa Terdampak Banjir di Batu Busuk Sumbar 

Sebanyak 89 Kepala Keluarga membutuhkan tambahan logistik 

Padang, IDN Times - Lurah Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Derry, merilis data terbaru jumlah warganya yang terdampak banjir karena tingginya curah hujan sejak Senin (23/1/2023) siang.

Menurutnya, sebanyak 89 kepala keluarga dengan total jumlah 400 orang terdampak banjir tersebut. Lima kepala keluarga bahkan sempat diungsikan ke titik pengungsian karena kediamannya mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Total ada 400 jiwa dalam catatan kami yang terdampak. Mereka tergabung dalam 89 kepala kelurga," kata Derry kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Banjir Hantam Permukiman 89 KK di Batu Busuk Sumbar

1. Lahan pertanian juga terdampak

400 Jiwa Terdampak Banjir di Batu Busuk Sumbar Dampak Banjir Batu Busuk. IDN Times/Andri NH

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merusak lahan pertanian warga. Meski demikian, luas lahan persawahan warga yang terkena imbas banjir kali ini masih dalam pendataan.

"Sawah warga juga kena. Berapa luasnya masih kita data,"ujar Derry.

Baca Juga: Bayi 8 Bulan Korban Kecelakaan di Palembang Dikabarkan Pulih

2. Warga butuh tambahan logistik

400 Jiwa Terdampak Banjir di Batu Busuk Sumbar Aksi nasi bungkus untuk tukang becak dan buruh gendong pasar Beirngharjo. Instagram/icipono

Meski secara swadaya dan dukungan dari BPBD kota Padang sudah ada, namun untuk kebutuhan mendesak saat ini diperlukan warga. Seperti tambahan logistik atau makanan siap saji, mengingat curah hujan berpotensi masih tinggi.

"Untuk konsumsi sudah ada. Tapi tetap saja butuh tambahan. Kondisi sekarang masih hujan rinai, sementara warga masih melakukan pembersihan material. Jadi, butuh tambahan," ungkapnya.

3. BMKG memprakirakan hujan masih terjadi dua hari ke depan

400 Jiwa Terdampak Banjir di Batu Busuk Sumbar Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Prakirawan BMKG Minangkabau merilis selama dua hari ke depan sejumlah wilayah di Sumbar masih berpotensi terjadinya hujan ringan hingga sedang.

Hujan bakal turun di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman, Padang, dan Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, serta Dharmasraya. Begitu juga dengan Agam, Padang Pariaman, dan Pariaman.

Baca Juga: Rencana Kenaikan Biaya Haji Rp69,1 Juta; Niat Baik Malah Dipersulit

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya