Comscore Tracker

Bikin Minuman Herbal Gratis, Kirana Berbagi ke Pasien Isoman Palembang

Kirana penyintas COVID-19 bikin 100 botol setiap hari

Mengetahui kesulitan mencari bantuan saat isolasi mandiri atau isoman, membuat Rizki Mailan Sari atau yang sering disapa Kirana tergerak berbagi minuman herbal kepada sejumlah pasien isoman COVID-19 di Palembang secara gratis.

Kirana merupakan seorang penyintas COVID-19. Ia berjuang untuk sembuh dengan rutin konsumsi obat, minum air herbal, dan berkeyakinan tinggi agar bisa kembali sehat. Belakangan, pemilik usaha tour and travel ini membuka donasi bagi siapa saja yang ingin bersumbangsih. 

"Saya dan suami sama-sama penyintas COVID-19, bahkan suami kondisinya sudah seperti orang yang kosong. Waktu jaga, saya sampai menangis. Tapi Alhamdulillah karena ikhtiar kami bisa sembuh. Kami juga usaha sehat dengan banyak konsumsi rempah menjadi minuman herbal untuk meningkatkan imun," kata dia.

1. Berbagi Infused Water bagi pasien isoman

Bikin Minuman Herbal Gratis, Kirana Berbagi ke Pasien Isoman PalembangCerita Kirana Buat 100 Botol Air Herbal per Hari Gratis Bagi Isoman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kini Kirana bersama relawan penyintas COVID-19 lain, rutin membagikan minuman herbal dari rebusan kurma ajwa, jahe, madu, kayu manis, cengkih, lemon, jeruk nipis, dan air zamzam.

"Paling jauh minuman dikirim ke Sungai Lais, Banyuasin di KM 18 dan sekitaran Kalidoni. Per hari 100 botol pasti kita bagikan, bahan-bahannya dari donatur. Ada juga rempah yang memang dari tanaman saya sendiri di belakang rumah," ujar perempuan yang juga berbisnis Event Organizer ini.

Kirana menceritakan awal mula dari belajar dan banyak mencari tahu. Dirinya pun bisa membantu orang lain dengan minuman herbal yang ia buat. Kirana menegaskan, kesembuhan COVID-19 bukan saja dari konsumsi obat tapi bersumber dari keyakinan dan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Namun untuk bisa pulih kembali, seseorang harus berusaha mendapatkan berkah sehat. Tak luput, konsisten menjaga pola makan dan semangat tinggi.

"Ini soal ikhtiar, karena penyembuh hanya dari Allah SWT. Minuman herbal yang saya bagikan bukan obat, tetapi untuk menolong teman-teman seperjuangan. Paling tidak mencegah gejala dan meningkatkan anti oksidan dalam tubuh," timpalnya.

Baca Juga: Anak Muda Palembang Kirim Ratusan Nasi Gratis ke Pasien Isoman

2. Menerima donasi melalui WhatsApp

Bikin Minuman Herbal Gratis, Kirana Berbagi ke Pasien Isoman PalembangCerita Kirana Buat 100 Botol Air Herbal per Hari Gratis Bagi Isoman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum pandemik COVID-19, Kirana sempat membuat minuman herbal memanfaatkan air zamzam.  "Jadi kayak infused water. Sebenarnya kan memang konsumsi rempah itu baik bagi tubuh dan menyehatkan," kata dia.

Kirana bersama suami beserta para relawan dan donatur lain awalnya membuat minuman herbal sebanyak 20 botol. Namun karena banyak permintaan dan hasil testimoni  menghasilkan dampak positif, mereka memperbanyak jumlah produksi.

"Bagi yang ingin donasi untuk bahan-bahan, bisa langsung WA saya di 081377892469 atau datang langsung ke rumah di Jalan Kancil Putih 2, Gang Bersama 13 no 54 B," jelasnya.

Bagi pasien isoman yang ingin mencoba minuman herbal, dirinya memanfaatkan jasa ojek online. Paling penting, mengonfirmasi melalui WhatsApp agar menyesuaikan kebutuhan.

"Bagi-bagi ini mulai Februari 2021, saya dan teman-teman juga sempat bentuk relawan untuk membantu penanganan COVID-19 seperti membagikan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan gratis, sekarang fokus ke infused water rempah," terang dia.

Baca Juga: Pasien Isoman Sumsel Mencapai 4.356 Orang, Dinkes Diminta Pantau Ketat

3. Resep infused water atau minuman herbal rempah mampu tingkatkan imunitas tubuh

Bikin Minuman Herbal Gratis, Kirana Berbagi ke Pasien Isoman PalembangCerita Kirana Buat 100 Botol Air Herbal per Hari Gratis Bagi Isoman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut resep infused water untuk meningkatkan imun tubuh, mencegah flu, demam, batuk pilek, ngilu tulang, dan lain-lain yang baik untuk pasien isoman COVID-19 ala Kirana.

Bahan dan cara membuat:

1. Air 1,5 liter didihkan bersama 7 batang kayu manis ukuran jari tangan. Tambahkan sesendok cengkeh kemudian potong jahe atau jahe merah sebanyak 250gram.

2. Rebus semua bahan sampai mendidih dengan api kecil, kemudian tunggu rebusan air dingin sampai hangat kuku.

3. Selanjutnya untuk satu gelas, tambahkan 1 butir kurma dan iris 1 buah lemon tipis sesuaikan

4. Diamkan 2 jam atau paling lama 6 jam air rebusan. Baru tambahkan madu 3 sampai 4 sendok. Sebaiknya memanfaatkan m madu hutan.

5. Jika ada, campurkan air zam zam.

6. Minum air herbal atau infus water pada pagi atau sore hari sesudah makan. Jika ada maag lemon dikurangi dan jika batuk tambahkan potongan jeruk nipis 1 buah.

"Jangan lupa berdoa minta kesembuhan sama Allah, berjemur dan berpikir positif. Tetap jaga prokes ya, jangan sampai kita membawa virus untuk teman dan keluarga kita," tandas dia.

Baca Juga: Tim Gabungan Palembang Bakal Merazia Perkantoran Non Esensial

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya