Comscore Tracker

5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 Palembang

Salah satunya siapkan tubuh dan jaga pola tidur 

Kebijakan pemerintah pusat yang mengizinkan warga untuk mudik lebaran Idul Fitri 1443 hijriah, membuat masyarakat mulai melakukan perjalanan pulang kampung. Selain menyiapkan kondisi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika dalam perjalanan.

Apalagi saat ini pandemik COVID-19 masih terjadi dan beberapa daerah tetap memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Agar mudik tetap sehat, aman, dan nyaman, berikut 5 tips dari Satgas COVID-19 Palembang yang bisa dilakukan pemudik.

1. Menjaga imunitas tubuh tetap bugar

5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 PalembangIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menurut Ahli Mikribiologi dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof Yuwono, hal terpenting harus disiapkan untuk mudik yakni menjaga imunitas tubuh agar tetap bugar.

"Kemudian lakukan vaksinasi, karena pemerintah juga mensyaratkan untuk melengkapi dosis hingga booster," ujarnya kepada IDN Times, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Warga Palembang Diimbau Tak Belanja Berlebihan Sambut Lebaran

2. Vaksin dan memenuhi gizi saling berkaitan

5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 PalembangIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kondisi fisik bugar dipengaruhi tubuh yang sudah membentuk antibodi dari vaksinasi. Selain itu, memerhatikan kebutuhan gizi menjadi hal utama saat melakukan perjalanan jauh. Maka dari itu, penting mengonsumsi makanan berserat dengan banyak vitamin.

"Vaksin bisa membentuk antibodi, dan antibodi itu bisa memenuhi kebutuhan gizi. Sekarang fokusnya tinggal bagaimana agar gizi kita bagus," timpalnya.

Baca Juga: 1,8 Juta Perantau Minang Diprediksi Pulang Kampung Saat Lebaran 

3. Uji kesehatan jika belum mendapatkan vaksin

5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 PalembangIlustrasi Rapid Test (IDN Times/Herka Yanis)

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan booster atau vaksinasi tahap ketiga, persiapan tes kesehatan COVID-19 jangan dilupakan. Pemudik diminta melakukan tes PCR atau antigen.

"Karena belum ada pernyataan bahwa pandemik sudah selesai. Kita perlu menjaga kebiasaan yang sehat seperti pola hidup bersih, ditambah prokes seperti memakai masker dan mencuci tangan," jelas dia.

Baca Juga: Dinkes Sumsel Buka 21 Posko Kesehatan di Sepanjang Jalinsum 

4. Tunda mudik jika kondisi tubuh tidak sehat

5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 PalembangIlustrasi mudik (IDN Times/Doni Hermawan)

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan pemudik bukan saja soal badan sehat, melainkan menjaga jam tidur minimal agar perjalanan berjalan lancar tanpa mengalami kelelahan berlebih.

"Sebaiknya tunda mudik bila tubuh tidak sehat. Lalu pilih waktu yang tepat, seperti beristirahat saat malam hari, perbanyak makan sayur dan buah, serta membawa obat yang dibutuhkan dan rancang rute perjalanan," tandasnya.

Baca Juga: 4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya