Comscore Tracker

Tren Tanaman Monstera Janda Bolong di Palembang, Berkah Bagi Pedagang

Harga jual fantastis hingga pengaruhi omzet harian

Palembang, IDN Times - Tanaman janda bolong atau dengan nama latin Monstera Deliciosa, kini tengah populer di kalangan pecinta tanaman hias Palembang. Tanaman yang memiliki bentuk unik dan kelainan warna daun atau biasa di sebut Varigata, menjadi tren baru dalam dunia hortikultura.

Perawatan yang cukup mudah menjadikan monstera janda bolong primadona di lingkungan tanaman hias. Terlebih saat ini, harga jual tanaman yang hidup di iklim tropis tersebut dihargai dengan nominal fantastis dan memberikan berkah tersendiri bagi pedagang.

"Semenjak pandemik COVID-19 penjualan tanaman hias meningkat hingga 200 persen dari biasanya. Khusus monstera per tanaman dijual Rp250 ribu," ujar Tika Nila Wati, pemilik Boutique Hidroponik di Komplek Kehutanan 2 Maskerebet Jalan Puspa Blog EG No 7 Talang Kelapa, Selasa (29/9/2020).

1. Jual tanaman hias, omzet per bulan capai Rp60 juta

Tren Tanaman Monstera Janda Bolong di Palembang, Berkah Bagi PedagangTanaman hias di Tika Boutique Hidroponik Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berasal dari Meksiko, tanaman monstera janda bolong tersebar di setiap belahan negara dengan total jenisnya terdapat lebih dari 50 macam yang tumbuh di dunia. Selain bentuknya menarik berbeda dari tanaman lain yang identik dengan bolong daun. Tanaman monstera janda bolong ternyata bermanfaat memperbaiki kualitas udara serta tahan dari serangan hama.

"Omzet perbulan rata-rata bisa mencapai 50 hingga 60 juta, alhamdulillah kondisi pandemik kami masih mendapatkan rezeki seperti sekarang, saat semua orang merasakan dampaknya, justru menjadi berkah tersendiri bagi saya," ungkap dia.

Baca Juga: Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalis

2. Selain monstera janda bolong, bunga vinca jepang juga jadi favorit

Tren Tanaman Monstera Janda Bolong di Palembang, Berkah Bagi PedagangTanaman hias monstera janda bolong di Tika Boutique Hidroponik Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain ketenaran monstera janda bolong, kata Tika, saat ini penyuka tanaman hias tengah mencari bunga Vinca jepang series. Tanaman tersebut digandrungi pecinta bunga karena harganya yang tidak terlalu mahal namun cantik bila diletakkan di pekarangan rumah.

"Bunga ini juga memiliki berbagai aneka warna dan yang pastinya mudah dirawat," katanya.

3. Peminat tanaman hias tidak saja dari Palembang

Tren Tanaman Monstera Janda Bolong di Palembang, Berkah Bagi PedagangTanaman hias di Tika Boutique Hidroponik Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selama hampir 6 tahun bergelut di dunia tanaman hias, Tika ternyata menyemplung di dunia bisnis hortikultura berawal dari hobinya yang senang merawat tanaman dan mengoleksi beragam jenis tumbuhan dengan banyak macam dan motif.

Beberapa tanaman yang ia jajakan dan cukup banyak diminati yakni, kaktus, lidah mertua (Sansivera), anggrek, ande-ande lumut, jenggot dewa, begonia, dan lainnya. Ia bersyukur dari kesukaannya, kini justru memberika omzet puluhan juta.

"Peminatnya (tanaman) tidak datang dari Palembang saja, berbagai wilayah di Sumsel. Mulai dariMesuji, Tugu Mulyo, Gelumbang, dan Kota Prabumulih," tandas dia.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 Juta

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya