Pemuda Diduga ODGJ di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri

Pelaku membakar sampah di kamarnya sembari merokok

Intinya Sih...

  • Ishar (25) membakar rumahnya sendiri di Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuk Linggau pada Rabu (10/7/2024) pukul 09.00 WIB.
  • Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana berhasil memadamkan api yang menghanguskan isi rumah Ishar mulai dari plafon hingga prabot rumah tangga seperti kasur.
  • Ishar diduga mengalami gejala Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan akan dirujuk ke dr Mast Idris karena praktik dokter belum buka.

Lubuk Linggau, IDN Times - Seorang pria bernama Ishar (25) warga RT 05 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuk Linggau, dikabarkan membakar rumahnya sendiri.

Peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu (10/7/2024) pukul 09.00 WIB. Beruntung api tidak sampai merembet ke rumah warga lainnya. Namun seisi rumah Ishar mulai dari plafon hingga prabot rumah tangga seperti kasur ludes terbakar.

Baca Juga: Hoaks Penculikan Anak di Kenten Laut, Pelaku Rupanya Gangguan Jiwa

1. Ishar membakar sampah di kamarnya

Pemuda Diduga ODGJ di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri(Diduga ODGJ, Pemuda di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri) IDN Times/istimewa

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK PB) Kota Lubuk Linggau, bergegas datang ke lokasi dan dibantu warga berhasil memadamkan api.

Adi yang merupakan tetangga Ishar mengatakan, selama ini Ishar tinggal seorang diri dan tidak pernah keluar rumah karena diduga mengalami gejala Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Selama ini tinggal sendirian di rumah, kakak dengan ayuknya ada tapi tidak tinggal di sini lagi, memang kami tahunya agak kurang (gangguan jiwa)," ujarnya. 

Diduga sebelum kejadian Ishar membakar sampah di kamarnya sembari merokok, kemudian tanpa ia sadari api merembet ke kasur lalu membesar.

"Melihat api membesar dia malah kabur dari rumah. Untungnya tetangga depan rumahnya Leni keluar, melihat kepulan asap dari rumah Ishar spontan langsung berteriak," jelasnya.

Baca Juga: Enam Pelajar SMP Aniaya ODGJ di PALI Ditangkap Polisi

2. Diserahkan ke kantor polisi pasca kejadian

Pemuda Diduga ODGJ di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri(Diduga ODGJ, Pemuda di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri) IDN Times/istimewa

Warga lain yang mengetahui langsung menghubungi mobil Damkar sembari memadamkan api, sehingga tidak sampai merembet ke rumah warga lainnya.

Pasca kejadian warga pun langsung mencari keberadaan Ishar, lalu menangkap dan mengantarnya ke kantor Lurah, supaya diserahkan ke Dinas Sosial.

"Kami berharap ditangkap saja, apa diserahkan ke Polisi atau rumah sakit jiwa. Kami sudah resah karena barang warga sini (RT 05) banyak hilang," jelasnya.

3. Ishar segera dibawa ke dokter untuk diperiksa kejiwaan

Pemuda Diduga ODGJ di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri(Diduga ODGJ, Pemuda di Lubuk Linggau Sengaja Bakar Rumah Sendiri) IDN Times/istimewa

Kapolsek Lubuk Linggau Utara, AKP Denhar, membenarkan ODGJ membakar rumah tersebut. Ia menjelaskan, terkait kejadian ini sudah dilakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan, Dinas Sosial, dan Puskesmas.

Namun karena praktik dokter belum buka, maka sementara Izhar diamankan di rumahnya sambil menunggu dibawa ke dokter.

“Menurut pihak Puskesmas Megang bahwa terlapor ODGJ tersebut harus dirujuk ke dr Mast Idris, karena faskes BPJS Kesehatan dari Izhar," ungkapnya.

Baca Juga: Remaja di Palembang Tewas Dibacok Saat Tawuran 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya