LSM Peras Kepala Sekolah Puluhan Juta, Ancam Lapor Kasus Dana BOS

Setiap Kepala Sekolah dimintai uang Rp20 juta

Lubuk Linggau, IDN Times - Unit Pidum Satreskrim Polres Lubuk Linggau menangkap basah tiga orang yang melakukan tindak pidana pemerasan di kawasan Simpang RCA, Lubuk Linggau, Sabtu (11/3/2023).

Ketiganya yakni Pebrianto (38), Suandi (39), dan Dedi Wijaya (40), warga Kota Prabumulih. Mereka mengaku dari LSM Watch Relation of Corruption (WRC) Korwil Sumatra Selatan yang dibekuk beserta mobil APV.

Baca Juga: Maling Dana BOS, Eks Kepsek SD Negeri di Palembang Ditangkap

1. Pelaku meminta uang Rp20 juta kepada Kepsek

LSM Peras Kepala Sekolah Puluhan Juta, Ancam Lapor Kasus Dana BOS(Mobil ketiga oknum LSM yang peras kepala sekolah saat diamankan Polres Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Dugaan pemerasan tersebut terkait penggunaan dana BOS SMA Negeri di Kota Lubuk Linggau. Pelaku mengincar Ketua MKKS SMA dan Ketua PGRI Kota Lubuk Linggau. 

Modusnya, pelaku yang mengaku anggota LSM mengancam akan melaporkan Kepala Sekolah ke Polda Sumsel dan Kejati Sumsel di Palembang, jika tidak memberikan klarifikasi terkait penggunaan dana BOS. 

Pelaku meminta uang sebesar Rp20 juta kepada sejumlah Kepsek. Namun karena sudah mengarah dugaan pemerasan, mereka dilaporkan ke polisi hingga ditangkap Satreskrim Polres Lubuk Linggau.

Baca Juga: Baru Sepekan Kenal dan Pacaran, Pelajar SMP Diperkosa 3 Kali

2. Polisi amankan barang bukti uang dan mobil

LSM Peras Kepala Sekolah Puluhan Juta, Ancam Lapor Kasus Dana BOS(Tiga oknum LSM yang peras kepala sekolah saat ditangkap Polres Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau AKP Robi Sugara mengatakan, ketiga pelaku diduga memeras Kepala SMAN 7 Lubuk Linggau, Agustunizar yang juga Ketua MKKS SMA Lubuk Linggau, Kepala SMAN 3 Lubuk Linggau Erwin Susanto yang juga Ketua PGRI Lubuk Linggau, dan Kepala SMAN 5 Lubuk Linggau bernama Jamaluddin.

"Para pelaku diciduk di Cafe Monaco, Simpang RCA Lubuk Linggau sekitar pukul 16.20 WIB oleh Tim Opsnal yang dipimpin Kanit Pidum Iptu Jemmy Amin Gumayel. Dari oknum-oknum ini, kami amankan barang bukti uang Rp5 juta serta mobil yang dikendarainya,” ujar Robi.

3. Kepala sekolah resah dengan ulah LSM

LSM Peras Kepala Sekolah Puluhan Juta, Ancam Lapor Kasus Dana BOS(Tiga oknum LSM yang peras kepala sekolah saat ditangkap Polres Lubuk Linggau) IDN Times/Istimewa

Polisi juga mengamankan satu tas hitam berisi berkas berupa surat dari WRC kepada 13 kepsek, identitas WRC Korwil Sumsel, dan HP milik Pebrianto.  

“Kepala SMA/SMK se-Kota Lubuk Linggau sudah sangat resah, karena ada upaya pemerasan yang dilakukan oleh oknum-oknum mengatasnamakan LSM ini,” jelasnya

Baca Juga: Sopir Perusahaan BUMN Ditangkap Usai Jual Solar Sisa Puluhan Liter

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya