Warga Ogan Ilir Diduga Sebarkan Aliran Sesat Mengaku Pemimpin Khilafa

Rosidi sebarkan Raja Adil Khalifah Akhir Zaman lewat poster

Ogan Ilir, IDN Times - Warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel), dibuat geger dengan kemunculan aliran kepercayaan bernama Raja Adil Khalifah Akhir Zaman. Ajaran itu yang disebar oleh pria paruh baya bernama Rosidi (62), warga Desa Kuang Dalam Timur, Kecamatan Rambang Kuang.

Ia menyebarkan ajaran lewat pamplet dan brosur. Rosidi menyebarkan kepercayaannya dari desa ke desa di OI untuk mencari pengikut.

"Informasinya sudah kami terima. Masih dalam penelusuran personel di lapangan," ungkap Kapolda Sumsel, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo kepada awak media, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: 5 Tips Bersyukur ala Nabi Muhammad SAW, Terapkan Yuk!

1. Polisi masih lakukan penyelidikan

Warga Ogan Ilir Diduga Sebarkan Aliran Sesat Mengaku Pemimpin KhilafaKapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo menyambangi rumah duka Brigadir Nofryansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Kamis (14/7/2022). (dok. Humas Polda Jambi)

Menurut Rachmad, pihaknya masih memastikan tentang kejelasan aliran kepercayaan yang mengatasnamakan bagian dari agama Islam tersebut. Pihak kepolisian masih menunggu informasi lebih lanjut dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk melakukan penindakan.

"Polisi berkoodinasi dengan instansi terkait forum kerukunan umat beragama daerah setempat," jelas dia.

Baca Juga: Warga Plaju Palembang Temukan Jasad Bayi Baru Lahir di Selokan

2. Aliran Raja Adil pernah dilarang

Warga Ogan Ilir Diduga Sebarkan Aliran Sesat Mengaku Pemimpin KhilafaRosidi (62) pemimpin Raja Adil Akhir Zaman (Dok: istimewa)

Dari informasi yang didapat, Rosidi merupakan seorang kepala keluarga. Ia menganut ajaran Tasawuf Maqqom Haqiqi Mutlaq Raja Adil yang dipelajarinya sejak 1982 di OI.

Dalam catatan intelijen kepolisian, ajaran yang dianut Rosidi itu sesat berdasarkan keputusan atau fatwa MUI OI pada dekade 80-an.

3. Isi propaganda ajaran Raja Adil Rosidi

Warga Ogan Ilir Diduga Sebarkan Aliran Sesat Mengaku Pemimpin KhilafaAliran kepercayaan Raja Adil Akhir Zaman (Dok: istimewa)

Ada dugaan Rosidi kembali ingin menghidupkan kembali ajaran tersebut. Ia bersama para jemaah menyebar brosur, atau poster berukuran besar dari dusun ke dusun.

Isi propaganda ajaran tersebut berisi cerita akhir zaman, di mana Rosidi menjadi pemimpin Khilafah Islam seluruh umat manusia. Seluruh agama akan disatukannya menjadi agama Islam.

Baca Juga: Imbas Ekspedisi Terbakar di Tol, JNE Tanggung Jawab Paket Pelanggan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya