Viral Foto Alex Noerdin Sarungan Telanjang Dada di Dalam Rutan

Foto itu diduga dari dokumentasi internal Rutan yang bocor

Palembang, IDN Times - Dalam sepekan terakhir WhatsApp Grup (WAG) ramai perbincangan soal foto mantan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, saat berada di dalam rumah tahanan (Rutan). Foto tersebut menampilkan sosok Alex yang berbeda dari biasanya.

Dengan hanya menggunakan sarung, Alex Noerdin bertelanjang dada berdiri di depan kamar tahanan. Ia tampak berbincang dengan rombongan petugas yang melintas.

"Benar, itu foto Alex Noerdin. Foto itu diambil pada 15 Febuari 2022 lalu. Pada waktu tersebut, tim Kanwil Kemenkumham Sumsel sedang melaksanakan kunjungan kerja," ungkap Kepala Rutan Kelas I Palembang, Bistok Oloan Situngkir, Selasa (26/4/2022).

1. Cuaca panas membuat Alex Noerdin melepas baju

Viral Foto Alex Noerdin Sarungan Telanjang Dada di Dalam RutanAlex Noerdin. (Foto: Istimewa)

Bistok menambahkan, foto yang beredar luas di masyarakat itu sedang diselidiki. Menurutnya, foto itu diambil ketika Alex Noerdin tidak mengenakan baju karena cuaca yang cukup panas, namun secara kebetulan bertemu rombongan yang melakukan sidak. Alex pun langsung mengenakan Baju.

"Alex Noerdin juga sempat berbincang beberapa menit dengan tim tentang keadaan dan kesehatannya selama di Rutan," jelas dia.

Baca Juga: Alex Noerdin Bantah Dana Proyek Masjid Sriwijaya Tanpa Proposal

2. Foto Alex diambil untuk dokumentasi internal

Viral Foto Alex Noerdin Sarungan Telanjang Dada di Dalam RutanAlex Noerdin dibawa masuk ke Lapas Pakjo Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Bistok menambahkan, jika foto tersebut awalnya diambil untuk dokumentasi internal tim yang melakukan kunjungan kerja ke Rutan. Lalu pertemuan dengan Alex Noerdin pun diabadikan oleh salah seorang petugas.

"Kami selalu terapkan nilai hak asasi manusia dalam membina WBP maupun melayani tahanan. Kami selalu kedepankan asas praduga tak bersalah dan asas persamaan di hadapan hukum," kata Bistok.

Baca Juga: Hakim Alex Noerdin Tiba-tiba Minta Tak Disuap Saat Memulai Sidang

3. Kadivpas Kemenkumham Sumsel turunkan tim selidiki foto Alex

Viral Foto Alex Noerdin Sarungan Telanjang Dada di Dalam RutanAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto, mengatakan telah menurunkan tim untuk menyelidiki terkait beredarnya foto tahanan dalam lapas.

Pasalnya, peristiwa tersebut sangat disayangkan oleh Kuasa Hukum Alex Noerdin yang turut mempertanyakan foto kliennya dapat beredar luas.

"Senin kemarin kita telah menurunkan tim pemeriksa untuk menindaklanjuti terkait hal tersebut (foto)," tutup dia.

Baca Juga: Jaksa Beberkan Bukti Alex Noerdin Terima Dana Masjid Sriwijaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya