Comscore Tracker

[UPDATE] Dua Hari Nol Positif, Terungkap Sumsel Kehabisan Alat Tes

Baru datang 700 pcs reagen PCR

Palembang, IDN Times - Dalam dua hari terakhir tidak ada ada penambahan jumlah kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). Data ini cukup melegakan warga, mengingat dalam sepekan terjadi peningkatan drastis positif corona.

Namun Jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri, mengungkap fakta lain. Pihaknya tidak melakukan pemeriksaan Polymarese Chain Reaction (PCR)  di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang karena kehabisan Reagen.

"Kondisi nihil kasus positif ini sebenarnya pemeriksaan lab kita yang tertunda karena kehabisan bahan (Reagen PCR)," ujar Yusri, Selasa (21/4).

Reagen PCR ini berbentuk cairan reaksi kimia yang digunakan untuk tes spesimen sampel yang diambil dari pasien COVID-19.

Baca Juga: Ini Tanggapan Gubernur Sumsel soal Usulan PSBB Palembang

1. Baru masuk 700 buah Reagen PCR

[UPDATE] Dua Hari Nol Positif, Terungkap Sumsel Kehabisan Alat TesINDONESIA TFRIC19 (Dok. Biro Hukum, Kerja Sama, dan Humas BPPT)

Yusri mengungkapkan, pihaknya telah memberi tahu pihak Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk mengirimkan stok reagen PCR. Ia berdalih kehabisan bahan sebenarnya tidak terjadi hanya di Sumsel, tapi hampir di seluruh dunia.

"Hari ini kita telah menerima stok reagen sekitar 700 buah. Kiriman ini paling bertahan beberapa hari saja, tidak lama. Infonya dalam waktu dekat akan ada tambahan reagen PCR lagi," ujar dia.

Baca Juga: RS Gandus Palembang Bakal Jadi Rujukan Pasien COVID-19

2. Sumsel tunggu alat PCR baru

[UPDATE] Dua Hari Nol Positif, Terungkap Sumsel Kehabisan Alat Tesdiagnostic test kit dari Korea Selatan tiba di Indonesia hari ini, Minggu (5/4) / Dok. Istimewa

Yusri juga mengungkapkan, Sumsel juga menerima bantuan alat PCR dari Kementerian BUMN yang akan diserahkan ke RS Pusri Palembang. Alat tersebut diprediksi dapat melakukan pemeriksaan sampel lebih cepat dari alat yang dimiliki BBLK Palembang sebelumnya.

"Dengan alat ini kita akan terbantu dengan pemeriksaan sampel lebih cepat," ujar dia.

3. Update PDP dan ODP Sumsel

[UPDATE] Dua Hari Nol Positif, Terungkap Sumsel Kehabisan Alat TesKepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri (IDN Times/Dokumen)

Sedangkan untuk data orang dalam pantauan (ODP) data hari ini ada 2.782 orang, selesai pemantauan 2.020 orang dan 762 orang masih dalam pemantauan. Pasien dalam pengawasan, saat ini berjumlah 114 orang, di mana 72 orang selesai pemantauan, dan 42 orang masih dalam pengawasan.

"Total jumlah sampel diperiksa sejauh ini ada 308 orang, terdiri dari 175 sampel orang tanpa gejala (OTG), PDP 109, 0DP 9, sampel positif 89, sampel negatif 123 dan proses pemeriksaan 96," tutup dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan COVID-19 di Sumsel yang Kian Meresahkan

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya