Comscore Tracker

Polisi Gadungan Berpangkat Kombes Ditangkap di Palembang

Pelaku juga mengoleksi baju polisi pangkat Bripka

Palembang, IDN Times - Seorang pria bernama Bayu ditangkap karena ketahuan menjadi polisi gadungan. Dengan membawa motor berstiker polisi, Bayu sering berkeliling kota Palembang.

Ia sering memakai baju dinas polisi lengkap dengan pangkat tiga melati atau Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) di pundak. Bayu diamankan di Polsek Ilir Barat II untuk karena menjadi anggota polisi.

"Pelaku kita tangkap semalam. Saat ditangkap masih menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL) berpangkat Kombes," ungkap Kapolsek Ilir Barat II Palembang, Kompol Irene, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: 5 Warga Muba Disandera Polisi Gadungan, Pelaku Minta Tebusan

1. Polisi telusuri motif penggunaan baju dinas

Polisi Gadungan Berpangkat Kombes Ditangkap di PalembangBayu pelaku yang berpura-pura menjadi polisi ditangkap dan diamankan di Polsek IB II Palembang (Dok: istimewa)

Penangkapan terhadap pelaku Bayu viral di media sosial. Dalam video tersebut, pelaku sempat menghindar dari tangkapan petugas. Ia bahkan sempat menyalakan kendaraannya dan bermaksud melarikan diri.

Menurut Irene, pelaku sudah sering berkeliaran di kawasan Jalan Jaksa Agung R Suprapto. Pelaku dinilai meresahkan pedagang setempat, namun penyelidikan masih dilakukan terkait dugaan pungli.

"Motif pelaku masih kita periksa terkait penggunaan baju dinas polisi," ujar dia.

Baca Juga: Polsek Bayung Lencir Tangkap Polisi Gadungan Berpangkat IPDA

2. Kejiwaan pelaku akan diperiksa

Polisi Gadungan Berpangkat Kombes Ditangkap di Palembangpixabay.com

Pelaku diketahui merupakan warga Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan IB I Palembang. Bayu memberikan keterangan berubah-ubah saat diperiksa, sehingga penyidik mengalami kesulitan memeriksa pelaku.

"Jawaban bersangkutan ini banyak yang tidak jelas, sehingga kami akan melakukan pemeriksaan kejiwaannya nanti," jelas dia.

3. Pelaku beli baju polisi di pasar loak

Polisi Gadungan Berpangkat Kombes Ditangkap di PalembangIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pelaku diketahui menyimpan banyak baju dinas polisi. Saat dihadirkan penyidik, Bayu menggunakan pakaian dinas Brigadir Kepala (Bripka). Menurut pelaku, baju-baju tersebut didapat dari pasar loak di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang.

"Saya beli Rp15.000 di Pasar 16 ilir. Hanya untuk dipakai saja. Baru seminggu ini dipakai," tutup dia.

Baca Juga: Janji Nikahi Perempuan, Oknum Polisi Berpangkat Briptu Dilaporkan 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya