Polisi Benarkan Askolani Meninggal Usai Insiden Ledakan di Sungai Musi

Polisi masih selidiki penyebab ledakan kapal di Sungai Musi

Intinya Sih...

  • Nahkoda kapal motor Bintang Kejora meninggal dunia setelah kapal meledak di Sungai Musi
  • Dua korban luka bakar, satu hilang, dan dua lainnya dirawat di rumah sakit
  • Polisi menemukan percikan api dan jangkar kapal di atas atap SPBB sebagai sumber ledakan

Palembang, IDN Times - Nahkoda kapal motor Bintang Kejora jenis Jukung yang meledak di perairan Sungai Musi bernama Askolani, dipastikan telah meninggal dunia. Tubuh Askolani ditemukan terbawa arus hingga ke pelabuhan Boom Baru Palembang setelah insiden ledakan tersebut.

Tak hanya Askolani, dua korban lainnya yakni pemilik kapal bernama Dedi serta ABK bernama Krisna, dilarikan ke RS karena luka bakar yang diderita akibat ledakan kapal tersebut. Sedangkan satu ABK yang kerap dipanggil Ndud sampai saat ini belum ditemukan.

"Satu korban meninggal, satu hilang, dan dua korban dirawat di rumah sakit," ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Kapal Jukung Terbakar, Jembatan Ampera Ditutupi Asap Dini Hari

1. Suara ledakan terdengar di perairan Sungai Musi semalam

Polisi Benarkan Askolani Meninggal Usai Insiden Ledakan di Sungai MusiKebakaran kapal Jukung di peraira Sungai Musi Palembang (Dok: istimewa)

Harryo mengatakan, kasus ledakan itu bermula dari aktivitas bongkar muat BBM yang dilakukan kapal SPBB di perairan Sungai Musi. Saat itu, kapal bersandar sekitar pukul 18.00 WIB atau dua jam sebelum kejadian.

"Sekitar pukul 18.00 atau Magrib, SPBB tutup. Kapal jukung tidak langsung berlayar dan tetap bersandar di lokasi. Kurang lebih pukul 20.00, kita mendengarkan suara dentuman yang sangat keras sehingga kita langsung mendatangi TKP," ungkap Harryo.

Baca Juga: Berwisata ke Menara Jembatan Ampera Bakal Jadi Destinasi Dunia

2. Polisi olah TKP di SPBB

Polisi Benarkan Askolani Meninggal Usai Insiden Ledakan di Sungai MusiKebakaran kapal Jukung di peraira Sungai Musi Palembang (Dok: istimewa)

Dari hasil peninjauan di lokasi SPBB, pihak kepolisian menemukan percikan api hingga jangkar kapal berada di atas atap SPBB. Ledakan itu juga merusak sisi kanan SPBB.

"Kami kerucutkan dan simpulkan sementara sumber ledakan berasal dari kapal tersebut," jelas dia.

3. Warga kaget dengar suara ledakan

Polisi Benarkan Askolani Meninggal Usai Insiden Ledakan di Sungai MusiKebakaran kapal Jukung di perairan Sungai Musi Palembang (Dok: istimewa)

Suara ledakan keras mengagetkan warga yang tinggal di sekitar Jembatan Ampera. Suara ledakan disertai kepulan asap hitam dan kobaran api muncul dari sebuah kapal yang sedang berada di Sungai Musi, Palembang.

Kejadian kebakaran tersebut sempat membuat panik warga setempat yang melihat kobaran api. Kepulan asap hitam bahkan terekam kamera warga menutupi Jembatan Ampera. Kapal tersebut terbawa arus hingga mendekati Jembatan Ampera dan perlintasan LRT yang berada di Sungai Musi. 

Baca Juga: Wisata ke Menara Jembatan Ampera Dibuka Akhir 2024, Minat?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya