Petik Tanaman di Gunung Dempo, 10 Pendaki Kena Blacklist

Sudah ada 21 pendaki dilarang mendaki Dempo sepanjang 2021

Pagar Alam, IDN Times - Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) kembali melarang 10 orang pendaki asal Empat Lawang, Lubuk Linggau, dan Palembang. Mereka kedapatan memetik tanaman endemik Gunung Dempo, yakni kayu panjang umur atau Centigi (Vaccinum SP).

"Para pendaki kedapatan membawa satu kantong kayu panjang umur penuh, sehingga kami mengambil tindakan tegas untuk blacklist ke-10 pendaki selama tiga tahun," ungkap Ketua Brigade, Arindi kepada IDN Times, Selasa (19/1/2021).

1. Pendaki kena blacklist sampai 14 Januari 2024

Petik Tanaman di Gunung Dempo, 10 Pendaki Kena BlacklistPara pendaki yang diblacklist di Gunung Dempo (IDN Times/istimewa)

Para pendaki yang dilarang itu berinisial AR, VV, RL, KRD, FS, PSW, PY, DH asal Empat Lawang. Kemudian AZ dari Lubuklinggau dan MF dari Palembang. Mereka dilarang menyentuh gunung dengan ketinggian 3.157 meter di atas permukaan laut (MDPL) sejak 14 Januari 2021 hingga 14 Januari 2024.

"Ini termasuk pelanggaran berat dan dapat menjadi pelajaran bagi pendaki lain untuk tidak memetik apapun di gunung Dempo," jelas dia.

Ia menjelaskan, populasi kayu panjang umur semakin sedikit. Keberadaannya di puncak Gunung Dempo banyak diburu pendaki, lantaran dianggap jarang ditemui di tempat lain. Kondisi kian berbahaya jika tidak ada tindakan tegas terhadap pendaki nakal. 

"Selalu saja ada oknum pendaki yang nakal, apa lagi saat ini populasi kayu panjang umur semakin sedikit," jelas dia. 

Baca Juga: 11 ABG Kena Sanksi Dilarang Mendaki Gunung Dempo Selama 2 Tahun

2. Satu pendaki sempat kesurupan

Petik Tanaman di Gunung Dempo, 10 Pendaki Kena BlacklistGunung Dempo di Pagaralam, Sumatera Selatan. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Para pendaki melakukan registrasi untuk naik Gunung Dempo pada 8 Januari 2021. Satu hari usai mendaki, mereka memutuskan turun ke pintu registrasi. Namun saat tiba di Shelter 1, seorang pendaki perempuan tiba-tiba saja mengalami kesurupan dan satu pendaki perempuan lainnya tidak sadarkan diri.

"Jadi kita lakukan rescue, ternyata satu pendaki sedang datang bulan padahal sudah diingatkan. Mereka saat dievakuasi juga dalam keadaan kelelahan," ujar dia.

3. Total sudah 21 pendaki yang kena blacklist tahun 2021

Petik Tanaman di Gunung Dempo, 10 Pendaki Kena BlacklistPara pendaki yang diblacklist di Gunung Dempo (IDN Times/istimewa)

Sejak awal tahun 2021, Brigade telah melarang 21 pendaki untuk naik ke Gunung Dempo. Sebelumnya sudah 11 orang pendaki kena blacklist lantaran mendaki melewati jalur ilegal. Mereka yang akan naik harus melalui pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu tubuh dan mematuhi protokol kesehatan.

"Setiap pendaki dibatasi melakukan pendakian maksimal tiga hari," tutup dia.

Baca Juga: Hindari Serangan Harimau, Area Wisata Gunung Dempo Ditutup  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya