Penjelasan RS Siloam Sriwijaya Palembang Terkait Kebakaran Tadi Malam

RS Siloam utamakan pasien kritis kembali setelah pemadaman

Palembang, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang pada Senin (4/7/2022) malam, membuat banyak pasien terpaksa dilarikan ke areal parkir. Mereka dibawa turun ke halaman untuk dievakuasi.

Direktur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang, Bona Fernando menjelaskan, awalnya terlihat asap di bagian Poli Rawat lantai dua. Saat itu, perawat langsung bergegas mengabarkan kondisi yang terjadi.

"Semua kondisi pasien yang dievakuasi aman. Awalnya perawat melihat di Poli Rawat Jalan ada asap. Saat itu kondisi Poli sudah ditutup langsung, perawat mengaktifkan Code Red," ungkap Bona, Senin (4/7/2022) jelang dini hari.

Bona membantah ada ledakan di dalam Poli tersebut. Dari dugaan sementara, asap timbul akibat korsleting AC atau alat medis.

"Titik api secara spesifik belum tahu, masih menunggu laporan. Jadi penyebab pasti masih belum tahu dari mana, dan kebetulan di Poli tersebut sudah tidak ada orang," jelas dia.

Bona menyebut pihaknya memastikan keselamatan pasien sebagai hal yang utama saat evakuasi, terutama pasien kritis yang berada di ICU. Sedangkan pasien rawat yang lain tak ada masalah. Setelah api berhasil dipadamkan, pihak rumah sakit membawa seluruh pasien kembali ke ruangan.

"Kita dahulukan pasien yang kritis untuk masuk ke dalam ruangan dengan tetap didampingi," jelas dia.

Sedangkan untuk pasien yang lain akan bertahap masuk ke dalam gedung rumah sakit. RS Siloam Sriwijaya memastikan semua pasien aman dan akan mendapat perawatan.

"Kami masih menunggu pasien-pasien dikembalikan ke dalam," tutup dia.

Baca Juga: 2,5 Juta Pelanggan di Sumbagsel Terdampak Palembang Blackout

Baca Juga: Polisi Terjunkan Tim Forensik Selidiki Kebakaran RS Siloam Sriwijaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya