Comscore Tracker

ODP dan OTG Semakin Banyak, Gugus Tugas Sarankan Isolasi Mandiri

Sebaran kasus positif Sumsel lewat transmisi lokal

Palembang, IDN Times - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri mengatakan, jumlah kasus Orang Dalam pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) terus bertambah, dan mendominasi sebaran kasus COVID-19 di Sumsel. Mereka masuk dalam daftar setelah dilakukan tracing dari pasien positif. 

"Untuk memastikan mereka sehat maka, kita memeriksa sampel di laboratorium. Kita sarankan mereka untuk melakukan isolasi mandiri," ujar Yusri, Jumat (22/5).

Baca Juga: Gubernur Puji Masyarakat Prabumulih yang Sukses Tekan Angka COVID-19

1. Pasien baru terpapar lewat transmisi lokal

ODP dan OTG Semakin Banyak, Gugus Tugas Sarankan Isolasi MandiriIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Hingga saat ini, kata Yusri, Sumsel mencatat jumlah ODP sebanyak 5.634 orang dan OTG 2.895 orang. 

Catatan kasus positif di Sumsel didominasi oleh klaster keluarga dan tenaga medis. Hari ini saja, kembali ditemukan 19 pasien positif baru sehingga total ada 693 orang yang sudah terinfeksi. Menurut Yusri, sebaran kasus positif telah terjadi di 6 Kabupaten/kota.

"Palembang ada delapan orang, Ogan Komering Ulu (OKU) enam orang, Lubuk Linggau dua orang, Musi Banyuasin (Muba) satu orang, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) satu orang dan Lahat satu orang. Seluruh pasien itu merupakan kasus transmisi lokal," jelas Yusri.

2. Sembuh bertambah 17 orang, meninggal 1 orang

ODP dan OTG Semakin Banyak, Gugus Tugas Sarankan Isolasi MandiriIDN Times, ilustrasi virus corona

Catatan kasus sembuh pun hari ini bertambah 17 orang dan total pasien sembuh meningkat menjadi 95 orang. Rinciannya adalah, sembilan orang dari kota Palembang, Kabupaten Muara Enim lima orang, kota Prabumulih satu orang, Ogan Ilir satu orang dan luar wilayah satu orang.

"Kasus meninggal dunia bertambah satu orang, yakni warga Palembang. Pasien meninggal sudah dimakamkan hari ini di TPU khusus pemakaman COVID-19 Gandus," tegas dia. 

3. Jumlah pemeriksaan sampel Sumsel hari ini

ODP dan OTG Semakin Banyak, Gugus Tugas Sarankan Isolasi Mandiri(IDN Times/Arief Rahmat)

Secara keseluruhan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumsel mencapai 5.634 orang. Dengan selesai pemantauan sebanyak 4.137 orang dan masih dalam pemantauan 1.497 orang.  

Lalu untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara keseluruhan mencapai 427 orang, dengan catatan selesai pemantauan sebanyak 182 orang dan masih dalam pemantauan 245 orang. 

"Sejauh ini BBLK sedang memeriksa 2.895 sampel dengan dengan rincian 2.248 Orang Tanpa Gejala (OTG), 527 PDP, dan 120 ODP," tandas dia.

Baca Juga: DPRD Ogan Ilir: Pemecatan 109 Nakes Tidak Dikaji dengan Arif 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya