Comscore Tracker

Masjid Agung Palembang Batasi Jemaah Salat Idul Adha 3.000 Orang

Masyarakat dilarang salat di jalan

Palembang, IDN Times - Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo atau yang dikenal Masjid Agung Palembang, bakal tetap melaksanakan salat Idul Adha, Jumat (31/7/2020). Namun pihak Masjid Agung Palembang bakal membatasi jumlah jemaah yang hadir sebanyak 3.000 orang, mengingat masih dalam kondisi pandemik COVID-19. 

Kondisi ini akan jauh berbeda dengan perayaan ibadah di tahun-tahun sebelumnya yang bisa menampung 20.000 jemaah. Bahkan jemaah yang salat hingga melebar ke atas Jembatan Ampera Palembang.

"Tahun lalu, ibadah salat Id bisa sampai ke luar namun saat ini dibatasi hanya di dalam masjid, sesuai kapasitasnya 3.000 jemaah. Jumlah ini menurun drastis dari tahun lalu yang mencapai 20.000 orang," ungkap Pengurus Masjid Agung Palembang, Sarnubi, Kamis (30/7/2020). 

1. Pengurus masjid kerahkan aparat berjaga membatasi 3.000 jemaah

Masjid Agung Palembang Batasi Jemaah Salat Idul Adha 3.000 OrangSuasana masjid Agung Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Sarnubi, langkah pembatasan jumlah jemaah dilakukan untuk menghindari transmisi lokal di lingkungan Masjid Agung. Pihaknya mengimbau kepada para jemaah yang akan salat, diharapkan datang lebih awal. Jika masjid telah terisi penuh, jemaah diminta salat di masjid lain.

Dirinya juga melarang jemaah untuk salat di badan jalan atau lapangan yang berada di Masjid Agung. Pihaknya tidak akan bertanggungjawab kalau ada pencegahan dari pihak kepolisian.

"Kami tidak bisa melarang, tapi kalau sampai jemaah salat di badan jalan maka itu bukan tanggung jawab kami," ujar dia.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Iduladha, Begini Niatnya

2. Masyarakat diminta membawa sajadah sendiri

Masjid Agung Palembang Batasi Jemaah Salat Idul Adha 3.000 OrangPhysical Distancing di masjid (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sarnubi menambahkan, tidak ada persiapan khusus dalam pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Agung Palembang. Hanya saja, protokol kesehatan harus dipenuhi seperti menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan jemaah diimbau juga menggunakan masker.

"Jemaah diatur sesuai aturan physical distancing, kita beri stiker tempat-tempat yang akan digunakan masyarakat saat beribadah. Masyarakat juga diminta membawa sajadah sendiri," beber dia.

3. Pembagian sapi kurban bagi 12 RT dekat masjid Agung

Masjid Agung Palembang Batasi Jemaah Salat Idul Adha 3.000 OrangKawasan Masjid Agung Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu terkait pelaksanaan pemotongan kurban, pihaknya akan melaksanakannya pada malam hari hingga subuh agar tak terjadi penumpukkan orang untuk mengantre. Pembagian daging kurban pun hanya diberikan ke 12 RT di sekitar kawasan Masjid Agung.

"Saat ini kami terus mendata warga mana saja yang berhak menerimanya," tandas dia.

Baca Juga: Masjid Agung SMB Jayo Wikramo Palembang Potong Hewan Kurban Malam Hari

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya