Lewati Puncak Arus Mudik, 61 Ribu Kendaraan Sudah Masuk Sumsel

Lalu lintas kendaraan sudah berkurang pada H-1 lebaran

Palembang, IDN Times - Puncak arus mudik di Sumatra Selatan terjadi kemarin atau H-2 Idul Fitri 1443 Hijriah. Dari data Polda Sumsel, lonjakan kendaraan tertinggi terjadi kemarin hingga mencapai 16.000 unit kendaraan lebih.

"Pada H-2, kendaraan terpadat masuk Sumsel sekitar 7.532 kendaraan. Sedangkan keluar lebih banyak mencapai 8.762 kendaraan," ungkap Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, Minggu (1/5/2022).

1. Kendaraan mulai berkurang H-1 lebaran di Sumsel

Lewati Puncak Arus Mudik, 61 Ribu Kendaraan Sudah Masuk SumselIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Toni menjelaskan, terjadi penurunan jumlah volume kendaraan yang masuk Sumsel melalui jalan tol, jalan negara, dan jalan provinsi. Untuk hari ini, kendaraan masuk ke wilayah Sumsel mencapai 4.033 unit sedangkan yang keluar mencapai 3.097 unit.

"Beberapa titik kepadatan di wilayah Sumsel ada di Jalan Lintas Timur (Jalintim), utamanya di Kawasan Betung, Banyuasin dan Belimbing, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir," jelas dia.

Baca Juga: Saf Salat Id di Masjid Agung Palembang Dibatasi Tak Sampai Ampera

2. Arus balik diprediksi terjadi pada akhir pekan

Lewati Puncak Arus Mudik, 61 Ribu Kendaraan Sudah Masuk SumselKapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sejak mudik diizinkan pemerintah pusat, jumlah kendaraan yang masuk ke Sumsel diperkirakan sekitar 61.000 unit. Sedangkan yang keluar dari Sumsel mencapai 62.000 kendaraan.

"Arus balik diperkirakan akan terjadi di akhir pekan. Skema lalu lintas pun sudah disiapkan," ujar Toni.

3. Contraflow sebagai solusi kemacetan Palembang

Lewati Puncak Arus Mudik, 61 Ribu Kendaraan Sudah Masuk SumselANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, menyebutkan sejauh ini wilayahnya masih kondusif dan aman dari kemacetan. Hanya saja, ia tetap mengantisipasi hal buruk karena penumpukan kendaraan yang akan masuk Palembang dengan melakukan contraflow oleh Satlantas Polrestabes Palembang.

"Kami memberikan rasa aman bagi pemudik yang memasuki Palembang dengan dipantau oleh kamera CCTV tiap posko, dengan fokus 9 titik yang rawan kemacetan," tutup dia.

Baca Juga: Wali Kota Palembang Harnojoyo Imbau Hal Ini ke Pemudik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya