Kisah Warga Mura Bertahan dari Banjir Bandang 5 Meter di Pohon Sawit

Korban bertahan semalaman hanya memeluk pohon sawit

Intinya Sih...

  • Bambang Hermanto (35) bertahan semalaman memegang pohon sawit saat terjebak banjir bandang setinggi lima meter di Desa Pian Raya, Mura.
  • Banjir besar di Mura terjadi saat Bambang hendak menyeberang jembatan Sungai Keruh, hingga tubuhnya tak kuat menahan arus deras dan dinyatakan hilang.
  • Korban berhasil diselamatkan oleh tim rescue setelah bertahan di atas pohon sawit, kemudian dievakuasi menggunakan perahu karet dan diperbolehkan pulang setelah dirawat di Rumah Sakit.

Musi Rawas, IDN Times - Seorang warga Musi Rawas (Mura) bernama Bambang Hermanto (35), membagikan kisah hidupnya ketika nyaris kehilangan nyawa akibat terbawa arus deras banjir bandang. Peristiwa ini terjadi di Desa Pian Raya, Kecamatan Muara Lakitan.

Hermanto hanya bisa pasrah saat banjir setinggi lima meter terjadi. Saat itu, dirinya hanya bisa bertahan memegang pohon sawit selama satu malam dalam kondisi kedinginan, Senin (15/1/2024).

"Korban berhasil diselamatkan oleh tim rescue dalam kondisi kedinginan. Korban bertahan memegang pohon sawit," ungkap Kapolsek Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu Cecar, Iptu Jemmy Amin Gumayel, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Warga Desa Remban Muratara Terisolir Usai Banjir Bandang

1. Warga temukan motor korban di lokasi banjir

Kisah Warga Mura Bertahan dari Banjir Bandang 5 Meter di Pohon SawitKorban banjir bandang di Musi Rawas, bernama Bambang (35) berhasil dievakuasi (Dok: istimewa)

Banjir besar di Mura terjadi pada Minggu (14/1/2024) lalu. Saat itu, Bambang hendak menyeberang di jembatan Sungai Keruh. Awalnya Bambang membawa sepeda motor ke TKP dan hendak mengukur tinggi muka air dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Namun saat berada di air, tiba-tiba saja tubuh korban tak kuat menahan arus deras hingga dirinya dinyatakan hilang. Warga setempat hanya menemukan sepeda motor milik Bambang di lokasi banjir.

"Pada hari itu korban dinyatakan warga hilang terbawa arus karena cuma menemukan sepeda motornya di pinggir jalan. Kemudian kami melakukan pencarian," ujar dia.

Baca Juga: Banjir di Muratara Rendam 20 Ribu Rumah dan Memutus 8 Jembatan

2. Korban tak berani berenang saat banjir

Kisah Warga Mura Bertahan dari Banjir Bandang 5 Meter di Pohon SawitKorban banjir bandang di Musi Rawas, bernama Bambang (35) berhasil dievakuasi (Dok: istimewa)

Menurut Jemmy, korban berhasil meraih pohon sawit yang dilintasi banjir. Dirinya lantas memegang erat pohon sampai petugas akhirnya menemukan Bambang.

"Korban bertahan di atas pohon tersebut karena tidak berani beranang, arus deras dan dalam. Kami mengevakuasi korban di atas pohon menggunakan perahu karet," jelas dia.

3. Korban dilarikan ke RS usai diselamatkan

Setelah berhasil dievakuasi, Bambang segera dibawa ke Rumah Sakit setempat untuk dirawar. Dirinya diperbolehkan pulang usai dinyatakan sehat.

"Kondisinya telah sehat, tapi memang masih trauma sehingga sekarang kami memberikan pendampingan," tutup dia.

Baca Juga: 31 Sekolah di Muratara Terendam Banjir, Aktivitas Belajar Diliburkan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya