Comscore Tracker

Kadin Sumsel Dukung Arsjad Rasyid Menjabat Ketua Umum Kadin

Selain karena asli Wong Palembang, ide Arsjad cukup visioner

Palembang, IDN Times - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasyid mendatangi seluruh pimpinan Kadin di Sumatra Selatan (Sumsel), Rabu (21/4/2021). Ia datang dalam rangka bersilaturahmi dan meminta dukungan untuk maju sebagai Ketua Kadin periode 2021-2026 mendatang.

Langkah tersebut lantas diapresiasi oleh Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex. Menurutnya, apa yang ditawarkan dan latar belakang Arsjad Rasyid sebagai Wong Palembang menjadikan dukungan dari Bumi Sriwijaya bulat dan mengalir ke Arsjad.

"Kadin Sumsel selalu satu komando, tidak main bagi-bagi suara. Tiga suara dari Sumsel selalu bulat di bawah pimpinan saya, dan saya pastikan Kadin Sumsel mendukung Arsjad Rasjid," ungkap Dodi.

1. Dodi fokus pada janji investasi Kadin Indonesia

Kadin Sumsel Dukung Arsjad Rasyid Menjabat Ketua Umum KadinWakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tak hanya soal latar belakang kesukuan, Dodi menilai apa yang ditawarkan oleh Arsjad sesuai dengan visi dan misi kemajuan ekonomi di Sumsel. Menurut dia, apa yang diinginkan Sumsel adalah pertumbuhan ekonomi yang baik.

Dodi meyakini konsep yang ditawarkan Arsjad diharapkan dapat bersinergi antara ekonomi daerah dan nasional.

"Pertumbuhan ekonomi nasional adalah kumulatif dari ekonomi daerah. Terlepas dari primordial, Kadin Sumsel menerima ide segar yang mendorong kemajuan dunia usaha dan investasi," ungkap dia.

Baca Juga: Arsjad Rasyid Beberkan Strategi Kadin Pulihkan Ekonomi Tanah Air

2. Konsep kewirausahaan sosial diyakini pulihkan ekonomi Sumsel

Kadin Sumsel Dukung Arsjad Rasyid Menjabat Ketua Umum KadinWakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid (IDN Times/Rangga Erfizal)

Selain itu, ide memajukan ekonomi daerah dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dianggap Dodi cukup baik untuk perbaikan ekonomi jangka panjang. Apa lagi pandemik membuat UMKM daerah sangat terdampak.

"Ide beliau soal social entrepreneurship (kewirausahaan sosial) membuat saya tertarik. Belum ada Caketum lain yang memiliki konsep seperti ini, bahkan menyamai," jelas dia.

3. Misi khusus pulang kampung

Kadin Sumsel Dukung Arsjad Rasyid Menjabat Ketua Umum KadinWakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid (IDN Times/Istimewa)

Arsjad Rasjid mengungkapkan, dirinya telah mendeklarasikan diri untuk ikut serta dalam proses demokrasi di Kadin Indonesia. Ia mengapresiasi dukungan yang diberikan Kadin Sumsel untuk pemilihan ketua umum pada Musyawarah Nasional pada Mei mendatang.

"Saya pulang kampung untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi tentang Indonesia ke depan, khususnya Sumsel. Harapannya Sumsel mendukung penuh," tutur dia.

4. Baru dua nama yang maju sebagai Caketum Kadin Indonesia

Kadin Sumsel Dukung Arsjad Rasyid Menjabat Ketua Umum KadinKetua Kadin Sumsel, Dodi Reza dan Wakil Ketua Kadin, bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid (IDN Times/Istimewa)

Sejauh ini bursa bakal Calon Ketua Umum Kadin Indonesia baru memunculkan dua nama pengusaha. Pertama ada Anindya N Bakrie yang menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah.

Sedangkan calon lainnya adalah Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid. Mereka akan memperebutkan jabatan ketua untuk periode 2021-2026, sekaligus menggantikan posisi Rosan Roeslani yang diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Baca Juga: 47 Persen Warga Palembang Tuntut Pemulihan Ekonomi Daerah

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya