Comscore Tracker

Heri Amalindo Bupati PALI Positif COVID-19, Jalani Isolasi di RSMH

Kuasa hukum nyatakan kondisi Heri stabil dalam pemulihan

Palembang, IDN Times - Bakal calon (balon) petahana Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Heri Amalindo, dinyatakan positif COVID-19, usai hasil swab miliknya keluar pada Selasa (8/9/2020).

Menurut Kuasa Hukum Heri Amalindo, Firdaus Hasbullah, Sang Bupati tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang untuk pemulihan.

"Dari hasil swab beliau memang yang terakhir dinyatakan positif COVID-19. Saat ini sedang menjalani masa isolasi di RSMH Palembang," ungkap Firdaus kepada IDN Times, Jumat (10/9/2020).

1. Hasil positif didapat dari pemeriksaan beberapa kali swab

Heri Amalindo Bupati PALI Positif COVID-19, Jalani Isolasi di RSMHspectrumnews.org

Firdaus menuturkan, sejak dirawat karena memiliki penyakit lambung sepekan lalu, sang petahana tidak menunjukkan gejala COVID-19. Hasil swab Heri Amalindo yang pertama pun dinyatakan negatif. Dirinya baru positif setelah melakukan uji swab berikutnya.

"Swab memang dilakukan beberapa kali untuk memastikan kondisi kesehatannya," jelas dia.

Baca Juga: Heri Amalindo Batal Datangi KPU PALI, Opname di RSMH Palembang?

2. Heri sempat mengeluh asam lambung naik dan diopname

Heri Amalindo Bupati PALI Positif COVID-19, Jalani Isolasi di RSMHpexels.com/Anna Shvets

Sebelumnya, Heri mengeluh asam lambungnya naik. Dirinya pun berobat ke RSMH untuk menjalankan pengobatan. Heri diopname setelah didiagnosa kelelahan, usai menjalankan aktivitasnya sebagai Bupati. Menurut Firdaus, kesehatan politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan masih stabil.

"Asam lambungnya sudah tidak bermasalah. Alhamdulillah, sekarang sudah pulih dan sudah normal. Makannya seperti biasa bahkan (makan) tambah lahap," jelas dia.

3. Sesuai PKPU, Heri Amalindo harus diisolasi hingga dinyatakan bebas COVID-19

Heri Amalindo Bupati PALI Positif COVID-19, Jalani Isolasi di RSMHPembukaan tes kesehatan bagi calonkada (IDN Times/istimewa)

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PALI, Sunario, membenarkan kabar tersebut. Pihaknya mendapat informasi melalui hasil swab yang disampaikan rumah sakit tempat balon Bupati itu dirawat.

"Positifnya Heri Amalindo terpapar virus corona berdasarkan pemeriksaan pada laboratorium RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang pada 8 September 2020, dengan hasil SWAB osofaring/nasofaring SARS COV-2 POSITIF," jelas dia.

Setelah hasil tersebut, maka balon yang positif harus melakukan isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit sampai dinyatakan negatif. Hal itu sesuai dengan pedoman Peraturan KPU (PKPU) nomor 10 tahun 2020 pasal 50A, 50B dan 50C.

"Saat ini,berdasarkan surat resmi yang diterima KPU PALI, Heri Amalindo sedang menjalani isolasi mandiri di RSMH," tutup dia

Baca Juga: RSMH Kewalahan Terima Pasien COVID-19, Dokter Prediksi Bisa Kolaps

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya