Fokus Bangun SU, Pemprov Sumsel Bangun Kantor Terpadu di Keramasan

Kantor Gubernur Sumsel yang baru ditarget selesai tahun 2023

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) akan memindahkan Kantor Gubernur beserta dinas di wilayah Keramasan, Kecamatan Kertapat, Palembang.

Membuat Kantor Terpadu itu untuk menghidupkan wilayah Seberang Ulu (SU) dengan pemerataan pembangunan di Kota Palembang.

"Pembangunan tersebut rencananya akan dibangun di lahan seluas 90 hektare (ha). Diharapkan ini menjadi jalan penyeimbang pembangunan di kawasan Ulu dan Ilir," ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumsel, Basyaruddin Akhmad, Selasa (2/1/2021).

1. Pembangunan perkantoran terpadu jadi pemacu pembangunan

Fokus Bangun SU, Pemprov Sumsel Bangun Kantor Terpadu di KeramasanProses penimbunan kantor gubernur sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Langkah serius pembangunan kawasan perkantoran baru itu diharapkan bisa menjadi daya tarik kawasan SU. Selain itu di wilayah SU seperti kawasan Jakabaring yang menjadi center of gravity.

"Jadinya ada pemicu dan pemacu. Sehingga kawasan Seberang Ulu bisa berkembang," jelas dia.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Sulap Sawah Rawa Jadi Kantor Terpadu Baru

2. Diharapkan SU dilirik investor

Fokus Bangun SU, Pemprov Sumsel Bangun Kantor Terpadu di KeramasanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Selama ini, kawasan Keramasan sudah memiliki beberapa infrastruktur penunjang yang diharapkan dapat menarik investor. Fasilitas tersebut berupa Terminal Karya Jaya, Jalan Tol dan Perumahan Citra Land.

"Pembangunan kawasan perkantoran terpadu ini menjadi pelengkap infrastruktur yang sudah ada. Harapannya bisa memantik investor untuk membangun di kawasan ini. Baik di sektor perumahan, industri, maupun lainnya," ungkap dia.

3. Tiang pancang Kantor Gubernur dimulai tahun ini

Fokus Bangun SU, Pemprov Sumsel Bangun Kantor Terpadu di KeramasanProses penimbunan tanah untuk kantor Pemprov Baru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Basyaruddin menjelaskan, pihaknya sedang menggarap land consolidation atau penimbunan tanah. Ia menyebut telah menyelesaikan semua ganti rugi lahan, agar proyek tersebut dapat segera dikebut.

"Tahun lalu proses penimbunan sudah dilakukan. Rencananya tahun ini pemasangan tiang pancang," jelas dia.

4. Target Gubernur Sumsel mulai berkantor tahun 2023

Fokus Bangun SU, Pemprov Sumsel Bangun Kantor Terpadu di KeramasanLokasi kantor Pemprov baru rencananya akan dibangun di kawasan rawa Soekarno Hatta (IDN Times/Rangga Erfizal)

Selesai penimbunan, pihaknya akan mulai membangun perkantoran secara bertahap. Kantor Gubernur Sumsel mulai dikerjakan pada tahun 2021 dan dapat digunakan pada 2023.

Lalu pada tahun 2022 mulai direncanakan pembangunan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumsel, dilanjutkan penyelesaian pada tahun 2023.

Basyaruddin memastikanpembangunan kawasan perkantoran tetap memperhatikan aspek lingkungan. Yakni, 30 persen dari luasan lahan 90 ha akan digunakan untuk ruang terbuka hijau.

"Nanti juga akan dibuatkan danau seluas 9-10 hektar yang dihubungkan dengan kanal-kanal. Agar fungsi resapan airnya tetap ada," tutup dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Instruksikan Percepatan Penggunaan APBN di 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya