APDESI Sumsel Klaim Tetap Bersikap Netral Selama Pemilu 2024

APDESI Sumsel pastikan netral untuk menjaga pemilu damai

Intinya Sih...

  • APDESI Sumsel memastikan netralitas dalam Pemilu 2024
  • Kepala desa diinstruksikan untuk bersikap netral demi pemilu aman dan kondusif
  • Persiapan teknis dan dukungan pemerintah desa untuk mencegah golput dan menggunakan hak suara

Palembang, IDN Times - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Sumatra Selatan (Apdesi Sumsel) memastikan pihaknya menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Usai bertemu dengan Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, ia menjamin seluruh anggotanya tak menggunakan jabatan untuk kepentingan politik praktis.

"Sudah jelas dan intruksi dari Gubernur Sumsel jika Apdesi harus netral," ungkap Ketua Divisi Media Apdesi Sumsel, Rhino Triyono, Senin (12/2/2024).

Baca Juga: Cara Cek Lokasi TPS Pemilu 2024 dan Syarat Memilih

1. Bantu Pemda untuk ciptakan pemilu damai

APDESI Sumsel Klaim Tetap Bersikap Netral Selama Pemilu 2024Massa Apdesi sujud syukur usai mendengar DPR RI bakal revisi UU Desa. (IDN Times/istimewa)

Rhino menjelaskan, kepala desa akan menjaga tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) untuk bersikap netral. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar pemilu berlangsung aman dan kondusif.

"Netralitas ini kita tekankan ke anggota Apdesi. Netralitas ini kita gaungkan untuk membantu pemerintah melaksanakan pemilu damai," ujar dia.

Baca Juga: Cara Nyoblos Surat Suara Pemilu 2024, Pemula Gak Perlu Bingung

2. Klaim kades yang terlibat politik di luar Apdesi

APDESI Sumsel Klaim Tetap Bersikap Netral Selama Pemilu 2024Pekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 ke atas truk di gudang logistik milik KPU Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/2/2024). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Menurut Rhino, dirinya belum menemukan ada upaya dari anggota Apdesi Sumsel yang terlibat dalam politik praktis. Laporan ke Bawaslu Ogan Ilir (OI) mengenai salah satu kades yang diduga melakukan kampanye beberapa waktu lalu, disebutnya bukan bagian dari Apdesi.

"Jumlah kepala desa ada sekitar 2.000 orang, namun yang baru bergabung dengan Apdesi baru sekitar 1.500 orang. Artinya yang kemarin dilaporkan belum tergabung dengan Apdesi," jelas dia.

Baca Juga: APDESI Belum Ada Rencana Demo Lagi Usai DPR Sepakat Revisi UU Desa

3. Bakal imbau masyarakat gunakan hak suara

APDESI Sumsel Klaim Tetap Bersikap Netral Selama Pemilu 2024Pekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 ke atas truk di gudang logistik milik KPU Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/2/2024). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dirinya pun menambahkan, pemerintah desa juga mempersiapkan diri untuk mendukung suksesnya pemilu. Gubernur kata Rhino telah menginturuksikan agar masyarakat tidak golput dan menggunakan hak suaranya.

"Sejauh ini persiapan secara teknis sudah dilakukan. Undangan juga sudah dibagikan ke TPS. Kita juga berkoordinasi dengan stakehokder, termasuk Aparat Penegak Hukum (APH)," tutup dia.

Baca Juga: 7 Potret Usai Tuntutan APDESI Diterima DPR

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya