1.555 Jemaah Haji Sumsel Usia 65 Tahun ke Atas Batal Berangkat?

Pembagian kuota haji ke Sumsel belum jelas

Palembang, IDN Times - Pemerintah Arab Saudi telah menerbitkan aturan haji tahun ini melarang jemaah di atas 65 tahun untuk mendapat kuota berangkat. Untuk saat ini pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kuota 1 juta di luar warga Saudi yang dapat berhaji, terkhusus bagi mereka yang berusia di bawah 65 tahun.

Di Sumsel terdapat 1.555 jemaah berusia di atas 65 tahun. Merujuk aturan Arab Saudi,  mereka kemungkinan tidak akan berangkat haji tahun ini.

"ketentuan dari Arab Saudi hanya memperbolehkan jemaah yang usianya di bawah 65 tahun," kata Kabid Haji dan Umrah Kementerian Agama Sumsel, Armet Dachil, Sabtu (16/4/2022).

1. Arab Saudi belum tentukan kuota haji untuk Indonesia

1.555 Jemaah Haji Sumsel Usia 65 Tahun ke Atas Batal Berangkat?Ilustrasi Jemaah Haji (ANTARA FOTO/Zohra Bensemra)

Selain jemaah di atas 65 tahun yang tak dapat berangkat, ada permasalahan lain yang masih dalam pembahasan. Armet menilai, kuota haji 1 juta yang diberikan pemerintah Arab Saudi belum jelas. Pihaknya pun masih menunggu kejelasan kuota haji untuk Indonesia terkhusus Sumsel.

"Kalau dari Arab Saudi belum menentukan, secara nasional juga belum bisa. Belum juga ada tanda-tanda akan diumumkan pada bulan ini, tapi mudah-mudahan sesegera mungkin," beber dia.

2. Siapkan kuota haji 2020 berangkat tahun ini

1.555 Jemaah Haji Sumsel Usia 65 Tahun ke Atas Batal Berangkat?Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Kuota haji tahun 2022, dikhususkan bagi kuota haji 2020 sempat tertunda berangkat karena pandemik COVID-19. Pada tahun 2020 lalu, ada 7.035 orang yang direncanakan melaksanakan ibadah haji.

Jumlah tersebut bisa saja berkurang kembali mengingat ada pembatasan jumlah jemaah haji dibanding tahun-tahun sebelum pandemik.

"Sejauh ini yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) 2020 lalu ada sebanyak 6.789 orang. Ada sekitar 246 yang belum melunasi," jelas dia.

3. Jemaah haji berangkat tergantung nomor urut

1.555 Jemaah Haji Sumsel Usia 65 Tahun ke Atas Batal Berangkat?Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Armet menambahkan, penentuan jemaah bakal berangkat haji tahun akan menyesuaikan dengan nomor urut porsi. Namun, tetap menunggu berapa kuota final yang diberikan.

"Ya berdasarkan nomor urut porsi, kita tunggu dulu kepastian kuotanya," tutup dia.

Baca Juga: Kementan Kembangkan Program Taxi Alsintan di Sumsel

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya