Comscore Tracker

Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga Sekitar

Beberapa warga tampak nikmati suasana baru di pinggir sungai

Palembang, IDN Times - Riang, gembira, dan penuh canda tawa, menyelimuti suasana di kawasan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang. Mulai dari anak-anak terjun bebas ke sungai untuk berenang, para ibu yang menyuapi makan untuk buah hatinya, hingga senda gurau dan obrolan ringan menjadi aktivitas warga sekitar.

Area wisata air yang diharapkan dapat mengembalikan fungsi sungai itu, tampak lebih ramai dan menarik minat masyarakat dengan konsep Instagramable, apalagi dengan warna cat merah yang mencolok.

Selain menghidupkan kembali aktivitas di sungai dan mobilitas transportasi air, mengembalikan julukan Palembang Venice of the East atau Venesia dari Timur juga menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot) di Sekanak Lambidaro.

1. Kedalaman Sungai Sekanak Lambidaro Palembang mencapai lebih dari 4 meter

Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga SekitarSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sepanjang 11 kilometer jalur Sungai Sekanak Lambidaro Palembang dibagi menjadi beberapa area. Mulai dari Jalan Merdeka di Sungai Sekanak samping Kantor Wali Kota (Wako), Jalan Radial di Sungai Lebak Cindo, daerah 24 Ilir, dan di anak Sungai Musi kawasan Kantor DPRD Sumsel.

Sedangkan titik utama Sungai Sekanak Lambidaro Palembang berada di depan pusat perbelanjaan Palembang Indah Mal (PIM), tepatnya di Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil.

"Anak-anak baru berani nyebur dan berenang setelah ada pembangunan. Karena ada semen di pinggiran dan tidak terlalu dalam. Kalau ke tengah bisa lebih dari 4 meter," ujar Sri, warga Kelurahan 24 Ilir.

Baca Juga: H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 Persen

2. Petugas PU rutin angkut sampah di Sungai Sekanak Lambidaro Palembang

Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga SekitarSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kegiatan Festival Sungai Sekanak Lambidaro yang dijadwalkan pada 5-6 Februari 2022, masih disiapkan Pemkot Palembang. Beberapa petugas tampak masih mengecat lokasi dan membersihkan sungai agar tidak kotor.

Satu unit perahu warna putih milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, menjadi tranportasi utama Petugas Pekerjaan Umum (PU) untuk menyaring aliran sampah di sungai. Empat orang petugas di atas perahu bergantian mengangkut sampah.

"Setiap hari kita angkut sampah karena masih ada saja sisa sampah rumah tangga yang mengalir di sungai," kata Heri, seorang petugas PU saat diwawancarai.

Baca Juga: Sampah di Sungai Sekanak Lambidaro Capai Seperempat Truk Sehari 

3. Pengerjaan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang baru 70 persen

Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga SekitarSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dalam pengerjaan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro, Pemkot Palembang sempat menarget penyelesaian proyek pada 2021. Namun kemudian mundur hingga 2022. Perubahan konsep, perhitungan anggaran, dan pandemik, menjadi alasan keterlambatan realisasi pembangunan yang sudah direncanakan sejak 2019 lalu itu.

"Sekarang sudah 70 persen dari total panjang Sungai Sekanak Lambidaro dan kegiatan festival sekaligus launching area destinasi wisata air ini," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa.

Anggaran pengerjaan Sungai Sekanak Lambidaro mencapai Rp380 miliar, dengan pembangunan tahap pertama sudah menghabiskan dana Rp42 miliar, dari rencana awal berkisar hanya Rp38 miliar.

4. BBWS Sumsel lanjutkan pembangunan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang sepanjang 1,4 kilometer

Wajah Baru Sungai Sekanak Lambidaro dan Aktivitas Warga SekitarSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala BBWS Sumatera VIII, Maryadi Utama mengatakan, pihaknya akan melanjutkan restorasi sepanjang 1,4 kilometer hingga kawasan Jalan Radial setelah festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang. 

BBWS Sumatera VIII bersinergi dengan Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang untuk melakukan restorasi sungai sepanjang 800 meter, dan membangun ruang terbuka publik di atas lahan seluas 500 meter.

"Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 800 meter sudah selesai dan nanti akan dilanjutkan sepanjang 1,4 km," tambahnya.

Kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Sulaiman Amin, Festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang diharapkan mampu menarik antusias wisatawan lokal dan masyarakat setempat.

"Sejumlah agenda telah kita susun dan akan di-launching. Harapannya dengan Festival Sungai Sekanak Lambidaro bisa menarik wisatawan datang ke Palembang, dan destinasi sungai dapat menjadi andalan," tandas dia

Baca Juga: 2 Jembatan di Sungai Sekanak Palembang Akan Direkonstruksi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya