Comscore Tracker

Waduh, 33 Tiang Pembatas Pejalan Kaki di Jembatan Ampera Hilang!

Dicuri atau tertabrak mobil, nih?

Palembang, IDN Times - Puluhan railing atau besi tiang penyangga dan pembatas sisi jalan di Jembatan Ampera, Palembang dikabarkan hilang. Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, kasus tersebut terjadi karena railing tertabrak mobil yang melintas.

Menanggapi hal itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V, Kgs Syaiful Anwar mengatakan, pihaknya masih mengidentifikasi hilangnya pembatas jalan Jembatan Ampera. Pihaknya telah menugaskan PPK melakukan pemeriksaan.

"Asumsi awal mungkin pencurian atau ditabrak. Sebab kondisi kerusakan yang terjadi memunculkan banyak opini. Kita belum tahu apakah itu dirusak oknum tak bertanggung jawab, atau karena kendaraan yang melintas," katanya, Senin (10/8/2020).

1. Petugas BBPJN telah membersihkan pecahan pagar pembatas

Waduh, 33 Tiang Pembatas Pejalan Kaki di Jembatan Ampera Hilang!Pulihan railing jembatan ampera Palembang hilang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Untuk memastikan penyebabnya, BBPJN memeriksa kejadian dari rekaman CCTV yang terpasang di beberapa titik yang mengarah ke Jembatan Ampera. Sebab jika pagar tersebut tertabrak, kondisinya kata Syaiful harus terlihat berserakan.

"Kalau ditabrak harusnya bukan rusak seperti itu. Cuma belum bisa kita simpulkan, tim tadi sudah mendokumentasikan hasil kerusakan," ungkap dia.

Pihaknya juga telah mengatasi sisa pecahan railing dengan menurunkan petugas untuk merapikan, dan memperbaiki kerusakan di lapangan seadanya agar tidak menganggu pengguna jalan.

Baca Juga: [Foto] Potret Palembang Tertutup Asap, Jembatan Ampera Menghilang   

2. Temuan bumper kendaraan jadi asumsi pagar tertabrak

Waduh, 33 Tiang Pembatas Pejalan Kaki di Jembatan Ampera Hilang!Pulihan railing jembatan ampera Palembang hilang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pantauan IDN Times di lokasi, sisa-sisa pecahan pembatas jalan sudah dibersihkan dan hanya tersisa lubang keramik, lantaran besi penyangga yang sebelumnya lepas dari semen diangkut petugas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari menambahkan, hasil pemantauan petugas di lapangan terhitung setidaknya 33 railing di sisi jalan Jembatan Ampera hilang. Pihaknya mengira penyangga tertabrak kendaraan roda empat.

"Sepertinya ditabrak pengendara karena ada bumper mobil saat dicek oleh petugas. Namun, itu baru info sementara dan sedang ditelurusi, kalau ada info terbaru kami sampaikan," tambah dia.

3. Masih harus memastikan lewat CCTV

Waduh, 33 Tiang Pembatas Pejalan Kaki di Jembatan Ampera Hilang!Pulihan railing jembatan ampera Palembang hilang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari menerangkan, dugaan kerusakan 33 railing Jembatan Ampera tertabrak mobil, karena penemuan bekas bumper kendaraan yang berserakan di lokasi kejadian. Namun, kepastian penyebabnya perlu melakukan pengecekan CCTV.

"Kalo tertabrak kita bisa cek jenis kendaraan apa yang menabrak dan lainnya. Kalau betul tertabrak kendaraan, maka jumlah railing kendaraan yang hilang merupakan terbanyak jika dibandingkan kejadian lalu," terang dia.

Baca Juga: Legendaris, Jembatan Ampera Jadi Venue Festival Sriwijaya XVIII 2019

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya