Comscore Tracker

Tahapan Pemilu 2024 di Palembang Menunggu Regulasi KPU RI 

DPT sementara di Palembang masih sama seperti Pilkada 2018

Palembang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang masih membarui Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah DPT sementara yang telah tercatat mencapai 1.120.000 orang, atau masih sama seperti pemilu 2018 lalu.

"Pemuktahiran DPT ini dilakukan setiap bulannya khusus untuk internal KPU. Sedangkan, secara umum, DPT ini dimuktahirkan per triwulan dengan mengundang beberapa pihak," ujar Ketua KPU Palembang, Syawaluddin, Selasa (26/10/2021).

1. Pembaruan DPT bekerja sama organisasi terkait

Tahapan Pemilu 2024 di Palembang Menunggu Regulasi KPU RI IDN Times/Istimewa

Jumlah DPT yang sama seperti Pemilu 2018 disebabkan beberapa warga yang sudah meninggal dunia dan pindah domisili, sama jumlahnya dengan penambahan pemilih pemula.

"Dalam pemuktahiran ini, kami juga tentu bekerja sama Disdukcapil dan Dinas Pemakaman," kata dia.

2. Tahapan Pemilu 2024 bakal dimulai Februari 2022

Tahapan Pemilu 2024 di Palembang Menunggu Regulasi KPU RI Ilustrasi pemungutan suara. IDN Times/Istimewa

Menyoal bagaimana tahapan Pemilu 2024, pihaknya belum dapat menjelaskan rinci karena masih menunggu regulasi KPU RI. Namun tahapan Pemilu 2024 direncanakan mulai pada Februari 2022.

"Jika dilaksanakan Februari, maka tahapan untuk di daerah akan mulai awal 2022 seperti verifikasi berkas Parpol. Tapi kami tetap menunggu keputusan dan regulasi KPU RI. Ketika sudah rapi atau ada titik terang, maka tahapan baru dapat dimulai," tambahnya.

3. Belum ada penganggaran untuk Pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024 di Palembang Menunggu Regulasi KPU RI Ilustrasi warga pemilih memasukan surat suara pada kotak surat suara saat simulasi pilkada (IDN Times/Hilmansyah)

Terkait anggaran pemilu, pihaknya juga belum dapat memprediksi kebutuhan dana untuk Pilkada 2024. Namun anggaran untuk Pilpres dan Pileg bersumber dari APBN, sedangkan Pilkada diajukan oleh Pemkot Palembang.

"Pilpres dan Pileg dulu, baru setelahnya pilkada, berbeda dengan 2018 lalu. Jadi kami belum melakukan penganggaran," tandas dia.

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya