Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta Proaktif

Kuota diprioritaskan bagi CJH yang sudah melakukan pelunasan

Palembang, IDN Times - Kantor WIlayah Kementrian Agama Sumatra Selatan (Kanwil Kemenag Sumsel) mengumumkan penambahan kuota bagi Calon Jemaaah Haji (CJH) 2023. Kuota tersebut prioritas untuk CJH yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH).

"Sumsel mendapat 296 kuota haji tambahan untuk tahun ini," ujar Humas Kanwil Kemenag Sumsel, Abdul Qudus melalui siaran pers yang diterima , Kamis (1/6/2023).

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Asal Prabumulih Batal Berangkat

1. Kuota tambahan bagi CJH di daftar antrean

Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta ProaktifSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Penambahan kuota haji 2023 untuk Sumsel diberikan kepada CJH yang telah masuk daftar antrean keberangkatan, dan informasi keberangkatan bagi CJH tambahan akan langsung dikonfirmasi pantia penyelenggara keberangkatan haji tahun ini.

"Jadi tambahan dari penambahan kuota keseluruhan Indonesia yang 8 ribu kuota, dan kita mendapatkan jatah untuk 200-an CJH," kata dia.

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RS

2. Minta CJH yang masuk daftar tunggu agar proaktif

Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta ProaktifSuasana Haji (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Menurut Qudus, CJH sudah melunasi dari cadangan waktu tersisa tinggal 240 jemaah, sehingga dari jatah 296 kuota tinggal menambahkan 56 calon jemaah lagi.

"Bagi jemaah yang sudah melunasi tapi belum masuk dalam keberangkatan, diharapkan proaktif bertanya ke Kemenag Kabupaten atau Kota setempat," timpalnya.

3. CJH kuota tambahan berangkat di kloter akhir

Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta ProaktifSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain bakal ada informasi dari Kemenag Sumsel untuk CJH yang akan berangkat ke Arab Saudi, CJH yang masuk daftar tunggu atau antrean dan melunasi BPIH diminta menyiapkan diri menuju Tanah Suci.

"CJH yang masuk daftar antrean persiapkan diri untuk keberangkatan. Biasanya nanti ada pihak Kemenag yang menginfokan, sedangkan untuk pelunasan masih menunggu Kepres," jelas dia.

Sebagai informasi, CJH dari kuota tambahan 2023 akan terbang di kloter terakhir atau bisa ditambah satu kloter.

Baca Juga: 7 Ribu CJH Embarkasi Sumsel Masuk Asrama Mulai 26 Mei 2023

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya