Comscore Tracker

Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di Palembang

Pemkot Palembang menyebut PPKM Mikro berjalan dengan baik

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengklaim Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Palembang sejak 6 April 2021 lalu, sudah berjalan dengan baik.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, hasil maksimal penerapan PPKM mikro terlihat dari konsistensi petugas Posko Komando Terpadu (Poskomandu). Mereka bertanggung jawab melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan aparat keamanan.

"Peningkatan koordinasi bersama puskesmas setempat dalam proses 3T, terutama pelacakan dan isolasi sudah terawasi baik. Karena selama masa PPKM, puskesmas menjadi kunci keberlangsungan kebijakan," ujarnya, Senin (19/4/2021).

1. Semua poskomandu harus fokus pada 3T

Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di PalembangSituasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa mengatakan Poskomandu di 107 Kelurahan harus fokus pada proses 3T, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Beserta kemungkinan mutasi-mutasinya karena semua kecamatan masih terdapat kasus aktif dan masih banyak zona oranye," kata dia.

Baca Juga: Mendagri Pertanyakan Angka Kematian COVID-19 di Sumsel yang Tinggi

2. Penerapan PPKM Mikro tidak dilakukan secara global

Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di PalembangKawasan Benteng Kuto Besak di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketika di satu wilayah atau kecamatan ditemukan kasus terkonfirmasi positif, Dewa menjelaskan jika daerah tersebut bisa diisolasi secara mandiri. Atau melaksanakan protokol kesehatan dengan 3T yang ketat.

"Ini karena PPKM kita berbasis mikro per kelurahan, bukan global," timpalnya.

3. Pemkot dorong razia pelanggar PPKM Mikro tetap berjalan

Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di PalembangSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selama penerapan PPKM Mikro masih berjalan, Pemkot mendorong Satpol PP, Babinsa, dan Babinkamtibnas, terus melakukan razia dengan pendekatan secara persuasif.

"Dan sanksinya sesuai dengan Perwali nomor 27 tahun 2021," tambah dia.

Baca Juga: Sudah Terapkan PPKM Mikro, Status Palembang Malah Zona Merah

4. Keberhasilan PPKM Mikro tanggung jawab masyarakat Palembang

Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di PalembangSekda Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain meminta optmalisasi Poskomandu yang dipimpin Lurah, Dewa mengimbau masyarakat meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan, karena COVID-19 harus ditekan dengan kompak.

"Ini bukan hanya tugas Pemkot Palembang, bukan tugas tenaga medis. Zonasi lebih dipersempit, jadi ini sudah tugas kita bersama, seluruh masyarakat untuk mewaspadai COVID-19," jelasnya.

Baca Juga: Harnojoyo: PPKM Mikro Palembang Hampir Sama dengan PSBB

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya