PUPR Bikin Proyel Box Culvert di 3 Titik Palembang Atasi Banjir

Proyek pertama di Jalan Alamsyah Prawira Negara

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bakal menerima pembangunan instalasi saluran air lewat proyek box culvert. Proyek infrastruktur itu merupakan program kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPBU PUPR).

"Proyek box culvert akan dipasang oleh Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel, dan dibangun di titik rawan banjir Palembang," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Selasa (24/5/2022).

1. Proyek box culvert membantu mengurangi genangan air

PUPR Bikin Proyel Box Culvert di 3 Titik Palembang Atasi BanjirSituasi Lalu Lintas Kota Palembang di Jalan Jendral Sudirman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tiga titik pemasangan box culvert akan dibangun di Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Jalan Hulu Balang, dan Jalan Seruni Palembang. Selain pembangunan box culvert, bakal ada perbaikan jalan dan drainase.

"Proyek ini akan membantu mengurangi genangan air yang sering meresahkan warga. Insya Allah dengan tambahan ini, permasalahan genangan air dapat terselesaikan," kata dia.

Baca Juga: Program Bongkar Bangunan Diklaim Pemkot Palembang Sukses Atasi Banjir 

2. Proyek box culvert di Palembang sebagai pembangunan percontohan kota lain

PUPR Bikin Proyel Box Culvert di 3 Titik Palembang Atasi BanjirWawako Palembang, Fitrianti Agustinda tinjau jalan rusak dan instalasi saluran air di Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Pemkot Palembang juga telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR agar bisa bekerja sama dalam menangani permasalahan banjir, dan menyelesaikan proyek pembangunan box culvert di tiga lokasi yang sudah ditentukan.

"Setelah ini jangan sampai timbul masalah baru lagi, khususnya di sisi hilir. Mudah-mudahan dari program KPBU ini, Palembang jadi kota percontohan," timpalnya.

3. Proyek perdana di Jalan Alamsyah Prawira Negara

PUPR Bikin Proyel Box Culvert di 3 Titik Palembang Atasi BanjirGenangan air di selokan sebagai dampak tertutupnya saluran air (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Kepala Bidang (Kabid) Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan (KPIJ) BBPJN Sumsel, Andi menambahkan, pengerjaan awal akan dilakukan di Jalan Alamsyah Prawira Negara.

“Kami akan tetap berkoordinasi dan diskusi selama pelaksanaan terkait dengan lalu lintas, ataupun terkait dengan warga lainnya," tandas dia.

Baca Juga: Penanganan Banjir Palembang Dinilai Tanpa Rencana Jangka Panjang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya