Pemkot Palembang Belum Temukan Solusi Tekan Harga Pangan

Harga bawang, daging, ayam, dan telur, naik cukup signifikan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang belum menemukan solusi terbaik untuk mengatasi lonjakan harga pangan di pasaran, apalagi menjelang momen lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kita adakan rapat bersama menggandeng pihak terkait mengupayakan stabilitas harga bahan pangan menghadapi lebaran," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Senin (25/4/2022).

1. Minta pedagang dan pelaku usaha menyampaikan data valid

Pemkot Palembang Belum Temukan Solusi Tekan Harga PanganIlustrasi pasar tradisional IDN Times/Ervan Masbanjar

Salah satu langkah Pemkot Palembang yakni melakukan pengawasan ke lapangan dan, memberikan edukasi kepada para pedagang maupun pengusaha.

"Sosialisasikan juga kepada pedagang terkait keluhan yang terjadi dan minta pelaku usaha menyampaikan data yang benar-benar valid kepada Dinas Perdagangan, sehingga bisa dicarikan solusi bersama," jelasnya.

Baca Juga: Harga Daging Sapi Mulai Naik, Bulog Sumsel Tawarkan Daging Kerbau 

2. Kenaikan harga akan terus terjadi hingga lebaran

Pemkot Palembang Belum Temukan Solusi Tekan Harga PanganPemkot Palembang gelar rapat bersama OPD upaya menekan kenaikan harga pangan saat lebaran (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Hasil evaluasi di lapangan, harga beberapa pangan yang memang sulit diturunkan yakni daging sapi dan ayam. Sebab harga sebelum masuk pasar pun sudah melonjak signifikan.

"Bawang merah hingga telur juga sulit untuk kita stabilkan. Bisa terus naik hingga lebaran," timpal dia.

Baca Juga: Warga Palembang Diimbau Tak Belanja Berlebihan Sambut Lebaran

3. Kemacetan menjadi faktor harga pangan mengalami kenaikan

Pemkot Palembang Belum Temukan Solusi Tekan Harga PanganIlustrasi penjualan daging sapi dan daging kerbau. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Selain harga sebelum masuk pasar yang sudah tinggi, faktor lain yang menjadi kendala yakni distribusi seperti masalah kemacetan.

"Terdapat berbagai faktor yang menjadi kendalanya, seperti kemacetan terlalu panjang yang dialami oleh para pelaku usaha," tambahnya.

4. Jamin harga dan pasokan pangan aman terkendali

Pemkot Palembang Belum Temukan Solusi Tekan Harga PanganPemkot Palembang gelar rapat bersama OPD upaya menekan kenaikan harga pangan saat lebaran (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Dewa berharap hingga lebaran nanti, tim pengendali harga pangan dan pasokan bahan pokok dapat memaksimalkan pengawasan, sehingga kenaikan harga tidak terlalu melonjak tajam.

"Kalau untuk pengendalian harga, seperti yang disampaikan Provinsi dan Asosiasi, Insya Allah terkendali dan mudah-mudahan ketersediaan juga dalam kondisi aman," tandas dia.

Baca Juga: Muba Panen Besar, Harga Gabah Tak Bersahabat dengan Petani

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya