Comscore Tracker

Pelabuhan TAA Sumsel Tambah Armada ke Babel Jelang Libur Sekolah

Otoritas pelabuhan TAA akan menambah hingga tiga kapal

Palembang, IDN Times - Otoritas Pelabuhan Tanjung Api Api Sumatra Selatan (TAA Sumsel) menambah armada penyeberangan menuju pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Belitung (Babel).

Penambahan angkutan laut yang menghubungkan Sumsel ke Babel selama sekitar 2-3 jam itu untuk mengantipasi lonjakan penumpang, khususnya masa libur sekolah berlangsung nanti.

"Sekarang tersedia 13 armada yang melayani dan akan bertambah 2-3 armada sesuai kondisi di lapangan," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan TAA, Iwan Gunawan Syaputra, Kamis (23/6/2022).

1. Enam operator kapal melayani rute Sumsel menuju Babel

Pelabuhan TAA Sumsel Tambah Armada ke Babel Jelang Libur SekolahIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Penambahan armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libur sekolah pada akhir Juni hingga Juli 2022. Sebab dari tahun-tahun sebelumnya, banyak masyarakat mengisi libur sekolah ke Babel.

"Total enam operator kapal yang melayani rute Sumsel ke Babel dan sebaliknya," kata dia.

Keenam operator tersebut antara lain Kapal Kuala Bate II, Mutis, Adhi Swadarma III, Belanak, Dharma Santosa, Mutiara Pertiwi III, Dharma Kosala, Gunsa VIII, Munic VII, Andhika Nusantara, Satya Kencana 1, dan Munic XI.

Baca Juga: Janjikan Urus Izin Pelabuhan TAA, Seorang Warga Tangerang Ditangkap

2. Waktu tempuh Sumsel-Babel sekitar 3 jam

Pelabuhan TAA Sumsel Tambah Armada ke Babel Jelang Libur SekolahAktivitas di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Sumsel, IDN Times/Dok. Pribadi

Iwan menyampaikan, tujuan warga menyeberang pulau ke Babel cukup beragam. Namun di masa libur sekolah, umumnya mereka ingin mengunjungi pantai. Apalagi jarak dari TAA ke Tanjung Kalian cukup dekat sekitar 30 mil dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

"Kapal bergerak dengan kecepatan rata-rata 10 knot yang membawa penumpang dan angkutan barang termasuk kendaraan," timpalnya.

3. Penumpang bisa naik kapal ekspres di Pelabuhan Boom Baru menuju Babel

Pelabuhan TAA Sumsel Tambah Armada ke Babel Jelang Libur SekolahIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Bagi penumpang dan wisatawan yang berencana menyeberang menuju ke Babel dari Pelabuhan TAA di Banyuasin, hanya perlu membayar tiket kapal mulai dari Rp80 ribu per orang.

"Bagi yang ingin ke Babel juga bsia naik kapal cepat Exspress Bahari dari Pelabuhan Boom Baru," tandas dia.

Baca Juga: Status KEK TAA Dicabut Jokowi, Gubernur Sumsel Fokus Pelabuhan Samudra

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya