Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu Jalan

Kawasan Kebun Bunga, Jakabaring, dan 2 Ulu jadi prioritas

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana menambah 777 lampu jalan sebagai fasilitas kenyamanan masyarakat.

"Kita akan menambah jumlah lampu jalan di jalan-jalan protokol. Saat ini alokasi dana yang disiapkan sebesar Rp4,8 miliar," ujar Pejabat Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Palembang, Dedy Suprianto, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Pusat Batal Biayai Pelabuhan Tanjung Carat, Sumsel Cari Investor

1. Alokasi dana penambahan lampu jalan di Palembang berasal dari APBD dan pokir pembahasan RAPBD

Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu JalanPemkot Palembang tinjau mobilitas lalulintas (Kominfo Palembang)

Dana yang disiapkan untuk lampu di jalan-jalan besar Palembang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta hasil pokok pikiran (pokir) dalam pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD).

"Dengan alokasi dana yang sudah ada, pengerjaan pemasangan lampu jalan langsung dilakukan. Kami berharap masyarakat bisa menjaga lampu jalan tersebut," kata dia.

Baca Juga: Rusunawa ASN di 5 Ulu Palembang Bakal Habiskan Dana Rp70 Miliar

2. Jalan di kawasan Jakabaring jadi prioritas

Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu JalanSuasana jalan di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemasangan 777 lampu jalan di Palembang ditarget tuntas paling lambat pada akhir 2022.

"Ratusan lampu jalan akan dipasang di 33 kelurahan dengan prioritas lokasi seperti Kebun Bunga, Jakabaring, dan Kawasan 2 Ulu," jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Nyaris Ambruk, Warga Seberangi Sungai dengan Batang Pisang

3. Jumlah lampu jalan di Palembang saat ini sudah mencapai 49 ribu

Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu JalanKepadatan lalu lintas di Jalan Protokol Jenderal Sudirman Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain untuk memaksimalkan fasilitas yang disediakan Pemkot Palembang bagi masyarakat, penambahan lampu jalan juga sangat penting untuk menambah penerangan di setiap sudut kota.

"Palembang sudah ada 49 ribu lampu jalan. Ke depannya penambahan ini untuk memberi rasa aman kepada warga setempat, dan tentunya diharapkan dapat menekan angka kriminalitas," tandas dia.

Baca Juga: Progres Flyover Simpang 66 Sekip Palembang Dihambat Pembebasan Lahan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya