Kontingen Sumsel Dibekali Rp13 Miliar Jelang Laga PON Papua

Sebut anggaran itu terbilang paket hemat

Palembang, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatra Selatan (KONI Sumsel) menyiapkan segala kebutuhan kontingen menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Oktober 2021 mendatang.

Termasuk bekal anggaran untuk program Training Center (TC), bonus para atlet untuk tiap cabang olahraga (cabor), biaya transportasi, akomodasi, dan lainnya. KONI Sumsel memfasilitasi kebutuhan kontingen senilai Rp13 miliar.

"Nilai ini lebih rendah dari anggaran periode sebelumnya. Anggaran yang kita siapkan ini sudah masuk paket hemat, include semua fasilitas," ujar Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainudin, Jumat (11/6/2021).

1. Berharap para atlet mampu memperbaiki prestasi PON

Kontingen Sumsel Dibekali Rp13 Miliar Jelang Laga PON PapuaKetum KONI Sumsel Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengatakan, dana yang tersedia tahun ini lebih rendah dibandingkan kepengurusan periode tahun lalu. Pihaknya sempat pesimis untuk mencapai target prestasi. Namun jika melihat peluang, KONI Sumsel yakin kontingen daerah mampu mendapatkan hasil terbaik.

"Tentu berharap Sumsel akan memperbaiki peringkat dari pencapaian PON sebelumnya. Sumsel sempat ada di urutan 21 di PON Jawa Barat dengan perolehan 6 medali emas, 11 medali perak, dan 14 medali perunggu," kata dia.

Baca Juga: 158 Atlet Sumsel Berlaga di PON Papua Menjalani Vaksinasi

2. Masih menyusun persiapan pemusatan pelatda

Kontingen Sumsel Dibekali Rp13 Miliar Jelang Laga PON PapuaIlustrasi KONI Sumsel melakukan rapat virtual (IDN Times/Humas KONI Sumsel)

Menurut pria yang akrab disapa HZ, kontingen Sumsel mengirim 119 atlet dari 28 cabor di PON Papua. Pihaknya sudah memetakan target prestasi di 37 cabor yang dipertandingkan.

"Kita sudah punya target perolehan medali dan sudah kita petakan dengan cabor unggulan. Sekarang kita sedang menyusun persiapan pemusatan pelatda, dan target kita harus lebih baik di peringkat dari PON sebelumnya," jelasnya.

3. Ada 120 atlet sudah vaksinasi COVID-19

Kontingen Sumsel Dibekali Rp13 Miliar Jelang Laga PON PapuaSituasi kantor KONI Sumsel di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain melihat potensi para atlet mencapai prestasi terbaik, KONI Sumsel mengklaim kemampuan kontingen lebih baik dari daerah lain, karena kondisi yang fit setelah vaksinasi COVID-19.

"Jumlah atlet kita yang sudah menerima vaksin ada 120 orang dan 38 pelatih beserta asisten. Dengan adanya vaksin ini, kami harapkan atlet nantinya lebih percaya diri pada ajang PON 2021 di Papua," tandas dia.

Baca Juga: Jaga Keamanan PON di Papua, Kapolri Gandeng Pemprov dan Tokoh Agama

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya