Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua Skema

Kepulangan jemaah haji kloter 1 sempat tertunda sehari

Intinya Sih...

  • Kepulangan jemaah haji kloter 1 Embarkasi Palembang tertunda satu hari dari jadwal semula, tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pada Minggu pukul 10.00 WIB.
  • Jemaah disambut oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan dua skema penyambutan berupa fasilitas fisik dan prosedural, termasuk layanan fast track.
  • Kloter 1 terdiri dari 445 jemaah haji asal Palembang, dengan masing-masing koper tidak boleh melebihi berat maksimal 32 kilogram untuk disimpan di bagasi maskapai.

Palembang, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Minggu (23/6/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan jemaah tertunda dari jadwal pada Sabtu (22/6/2024) malam.

Semua jemaah haji Embarkasi Palembang yang sudah sampai, langsung disambut Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan pelayanan dan fasilitas berdasarkan dua skema penyambutan.

"Jadi ada dua fasilitas atau kemudahan yang kita berikan yaitu kemudahan yang bersifat fisik dan prosedural. Layanan tergabung dalam skema fast track," ujar Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024

1. Kepulangan kloter 1 haji embarkasi Palembang sempat tertunda

Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua SkemaKloter 1 jemaah haji embarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II (Dok. Kemenag Sumsel) Kloter 1 jemaah haji embarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II (Dok. Kemenag Sumsel)

Perubahan kepulangan kloter 1 jemah haji asal Palembang tak mengubah prosedural penyambutan. Pihak panitia sudah menyiapkan skema mulai dari kedatangan di bandara hingga jemaah dibawa masuk ke asrama haji.

“Semestinya take off pesawat jam 8 malam waktu Arab Saudi, namun pergesaran kepulangan baru diketahui panitia sehari sebelumnya," kata dia.

Baca Juga: Daftar Embarkasi yang Pulangkan 7.973 Jemaah Haji Hari Ini

2. Sebanyak 270 jemaah haji embarkasi Palembang berasal dari Muba

Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua SkemaSuasana Masjidil Haram dan Ka'bah jelang puncak haji. (IDN Times/Sunariyah)

Sebelum melakaanakan haji dan tiba kembali ke Indonesia, 445 jemaah haji kloter 1 Embarkasi Palembang bertolak dari Bandara SMB II Palembang pada Minggu (12/52024) lalu pukul 07.40 WIB. Jemaah berangkat menggunakan Saudi Airlines.

"Kloter 1 ini terdapat 270 jemaahnya asal Muba (Musi Banyuasin)," timpal dia.

3. Berat koper jemaah haji dibatasi 32 kilogram

Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua Skema(Dok. PPIH Debarkasi)

Berdasarkan kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) RI, seluruh koper untuk penyimpanan di bagasi maskapai tidak boleh melewati berat maksimal 32 kilogram. Apabila jemaah tidak mengikuti aturan, maka barang bawaan tidak diperkenankan dibawa pulang ke Indonesia.

“Penimbangan dilakukan dua hari sebelum jadwal keberangkatan para jemaah dari hotel ke bandara. Jadi, semua koper bagasi akan dibawa lebih dahulu setelah proses penimbangan. Barang bawaan yang ikut jemaah naik bus hanya tas kabin,” jelasnya.

Baca Juga: Sempat Ada yang Ketinggalan, Jemaah Diminta Fokus Siapkan Kepulangan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya