Internet dan Jumlah Laptop Jadi Kendala Tes CPNS 2021 di Palembang

BKN Palembang mengaku waktu ujian molor 30 menit

Palembang, IDN Times - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) saat ujian Computer Assisted Test (CAT) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS tahun 2021, masih mengalami masalah pada jaringan internet. Waktu tes peserta pun terpaksa molor hingga 30 menit.

"Selain karena pengaruh LAN, ujian CAT juga terhambat karena stok laptop dan komputer terbatas," ujar Kepala Kantor Regional VII Badan Kepegawain Negara (BKN) Palembang, Margi Prayitno, Jumat (10/9/2021).

1. Panselnas CPNS dengan perusahaan jaringan telekomunikasi sempat salah paham

Internet dan Jumlah Laptop Jadi Kendala Tes CPNS 2021 di PalembangIlustrasi Tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan pengawasan kantor BKN regional Palembang, pelaksanaan ujian CAT SKD tahun ini sempat mengalami salah paham antara perusahaan jaringan telekomunikasi dengan teknisi pantia seleksi nasional (panselnas).

"Seperti tanggal 5 September kemarin, ada salah komunikasi antar teknisi maintenance aplikasi CAT dengan situasi internet yang lamban, sehingga koordinasi jaringan bermasalah dan akibatnya ujian jadi terlambat dari jadwal yang telah ditentukan," kata dia.

Baca Juga: 0,14 Persen Peserta CPNS 2021 di Sumsel Positif COVID-19 

2. BKN Regional Palembang sigap menangani masalah server

Internet dan Jumlah Laptop Jadi Kendala Tes CPNS 2021 di PalembangKepala Kantor Regional VII Badan Kepegawain Negara (BKN) Palembang Margi Prayitno (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kendati jaringan internet dan jumlah laptop menjadi hambatan, namun BKN Regional Palembang mengaku sudah menyiapkan antisipasi dari keadaan yang tak diinginkan.

"Hambatan ini masih bisa kami tangani untuk tetap berjalan lancar dan aman. Kanreg menangani situasi dengan sigap mengelola server, sehingga peserta yang tidak bisa log ini bisa menyelesaikan ujian," timpalnya.

3. Jamin masalah server tidak memengaruhi skor passing grade peserta

Internet dan Jumlah Laptop Jadi Kendala Tes CPNS 2021 di PalembangIlustrasi Tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Margi melanjutkan, pelaksanaan ujian SKD CPNS formasi 2021 tetap berjalan aman. Masalah pada jaringan internet tidak akan memengaruhi skor live passing grade peserta tes.

"Tidak ada pengaruh ke nilai mereka soal ini. Kendalanya hanya waktu yang agak bergeser. Untuk passing grade tetap berdasarkan hasil mereka. Kalau skor mereka tidak menyentuh ambang batas, maka tidak bisa tes tahap selanjutnya," tandas dia.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dibuka, Ini Kisaran Gaji dan Tunjangan ASN di Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya