Ini Daftar Sambungan IPAL Siap Pasang 2023 di Palembang

Total 22 ribu sambungan ke rumah ditarget selesai 2024

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai memasang sambungan pekerjaan jaringan induk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur. Beberapa daerah atau kawasan menjadi prioritas.

"Pemasangan pipa sambungan ke rumah-rumah warga mulai dikerjakan tahun ini," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: Tarif PDAM Tirta Musi Palembang Jenis Rumah Tangga Naik 15 Persen

1. Sambungan IPAL mulai dipasang di Rumah Susun

Ini Daftar Sambungan IPAL Siap Pasang 2023 di PalembangWali kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Secara keseluruhan, pengerjaan IPAL Sei Selayur ditargetkan selesai 2024 dengan kapasitas 22 ribu Sambungan Rumah (SR). IPAL itu akan tersambung ke permukiman dan perkantoran di wilayah Palembang bagian timur hingga barat.

"Mulai dari Rumah Susun, Jalan Merdeka, Sudirman, Ali Gatmir, Veteran, RE Martadinata, sampai ke Jalan Mayor Zen," kata dia.

Baca Juga: Proyek IPAL di Palembang Diklaim Bisa Kurangi Kasus Anak Kerdil

2. Sebanyak 11 ribu sambungan ditarget selesai 2024

Ini Daftar Sambungan IPAL Siap Pasang 2023 di PalembangPembukaan pembangunan IPAL di Palembang (IDN Times/Humas Kominfo)

Sementara persiapan proses pemasangan IPAL Sei Selayur ke permukiman dan wilayah perkantoran sudah 90 persen. Namun proyek penyambungan dilakukan secara bertahap.

"Pemasangan sambungan rumah tangga pada tahun ini sampai 2024 sebanyak 11 ribu SR," timpalnya.

3. Pemerintah pusat bantu 1.000 sambungan IPAL

Ini Daftar Sambungan IPAL Siap Pasang 2023 di PalembangPembukaan pembangunan IPAL di Palembang (IDN Times/Humas Kominfo)

Harnojoyo menjelaskan, dibutuhkan anggaran Rp120 miliar dengan sistem sharing dana dari Pemkot Palembang, Pemprov Sumsel, dan pemerintah pusat.

"Kita sudah menganggarkan sesuai dengan kemampuan APBD. Pemkot baru menganggarkan Rp26 miliar, sedangkan pemerintah pusat akan membantu 1.000 sambungan rumah, dan Pemprov juga sudah sharing dana. Sebelumnya sudah ada bantuan dari pemerintah Australia," jelas dia.

Baca Juga: Fasilitas Proyek IPAL Sei Selayur Palembang Telan Rp21 Miliar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya